LAGI GALAU? 10 CARA INI BISA MENGHILANGKANNYA LHO!

LAGI GALAU? 10 CARA INI BISA MENGHILANGKANNYA LHO!

Semakin bertambah usia seseorang semakin banyak pula yang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan galau dan stress yang ampuh. Karena, beban seseorang akan semakin bertambah termasuk dalam urusan pekerjaan.

Menurut Islam, stress dan galau sendiri merupakan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT yang dapat menyebabkan penyakit hati sehingga harus segera diatasi. Terdapat banyak strategi yang dapat dilakukan untuk mengelola stress itu sendiri agar bisa diatasi dengan baik.

Salah satu cara yang paling ampuh agar Anda tidak larut dalam rasa galau dan bahkan sampai stres sebaiknya lepaskan saja beban pikiran Anda. Selain pekerjaan, terdapat banyak penyebab lain dari terganggunya pikiran sehingga mengakibatkan stres.

Dalam dunia medis, kondisi galau dapat diatasi dengan cara menurunkan kadar serotonin dalam tubuh yang biasanya naik saat pikiran kacau. Banyaknya hal yang harus diputuskan dan dipikirkan akan membuat kamu rentan merasa galau.

Lalu, harus bagaimana agar tidak galau dan stres? Apakah ada cara mengatasi hati dan pikiran agar tidak terjebak dalam kondisi galau gundah gulana? Simak artikel ini sampai tuntas, ya.

Akui kalau Anda sedang bersedih

Kebanyakan dari kita sering memasang senyum palsu dan pura-pura tegar agar tidak terlihat cengeng di depan orang lain. Tidak sedikit pula yang terang-terangan menyangkal mereka sedang sedih karena tidak mau menjadi beban dan dikasihani orang lain.

See also  PENYEBAB KETOMBE

Padahal, penyangkalan justru akan berbalik merugikan bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Bayangkan semua kesedihan yang dipendam lama-lama menumpuk jadi satu seperti “bom waktu” yang bisa kapan saja meledak. Tak hanya menghancurkan diri sendiri, tapi pada akhirnya juga menghancurkan orang lain di sekitar Anda.

Nah sebab itu, akuilah kalau Anda memang sedang bersedih. Ingat bahwa kesedihan adalah reaksi normal setiap manusia. Jadi, tidak ada yang salah jika Anda merasakan emosi ini. Bila perlu luapkanlah kesedihan Anda dengan menangis. Menangis membantu Anda merasa lebih lega.

Beri waktu

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang dapat pulih dari kesedihan mereka sendiri seiring berjalannya waktu. Lamanya waktu yang dibutuhkan jelas berbeda-beda pada setiap orang.

Mungkin Anda memerlukan waktu seharian, seminggu, atau berbulan-bulan untuk bisa menerima kehilangan, kegagalan, rasa putus asa, dan lain sebagainya. Jadi, nikmati proses “penyembuhan” Anda.

Curhat ke orang yang dipercaya

Jangan biarkan Anda terus-terusan terperangkap dalam kesedihan. Tidak ada salahnya untuk beralih ke orang yang Anda percaya untuk mengurangi beban di hati sekaligus mencari pencerahan atas masalah tersebut. Anda bisa berbagi keluh kesah kehidupan dengan orangtua, pasangan, atau sahabat terdekat.

Orang-orang yang peduli dengan Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk menghibur dan mengalihkan pikiran Anda dari kesedihan yang Anda alami. Jadi, jangan ragu untuk meminta bantuan ke orang-orang terdekat Anda.

Pergi Jalan-Jalan Bersama Teman Atau Keluarga

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Saat pikiran sedang suntuk ataupun saat hati sedang galau, pergi jalan-jalan adalah satu hal yang dapat mengobati pikiran dan juga perasaanmu yang sedang kacau. Kamu bisa pergi berjalan-jalan bersama teman-teman ataupun keluargamu. Pergi berjalan-jalan ke bersama orang terdekat biasanya sangat ampuh untuk menghilangkan perasaan galau lho. Apalagi saat kita bersama orang-orang terdekat, kita pasti akan membicarakan banyak dan melakukan banyak hal, sehingga kamu akan lupa akan permasalahanmu.

See also  Cara Mengusir Lalat yang Ampuh dengan Bahan Alami

Jauhi hal-hal yang memicu sedih

Apabila Anda sadar ada beberapa benda atau tempat yang berpotensi membuat Anda sedih, sebaiknya hindari hal tersebut. Tidak mudah memang. Namun, Anda harus berusaha semaksimal mungkin agar Anda tidak berhadapan dengan hal-hal yang membuat Anda bersedih.

Apabila Anda terus dihantui dengan berbagai hal yang memancing kesedihan, Anda tentu tidak akan pernah merasa lega. Kuncinya satu; alihkan perhatian dan pikiran Anda pada hal lain. Sibukkan diri, sehingga Anda tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan hal-hal yang membuat Anda bersedih.

Coba kegiatan baru

Sedih boleh, tapi jangan lupa untuk tetap menyenangkan diri Anda sendiri. Cobalah untuk menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang Anda sukai atau yang tidak bisa Anda lakukan sebelumnya.

Ambil juga kesempatan ini untuk mencoba sesuatu yang baru yang bisa membuat Anda melupakan rasa sedih. Contohnya, Anda bisa pergi jalan-jalan ke destinasi liburan yang belum pernah Anda kunjungi. Dengan begitu Anda bisa menyegarkan kembali perasaan dan pikiran yang selama ini carut-marut.

Tonton film sedih

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sedih; menonton film sedih! Selama ini Anda mungkin mengira kalau nonton film sedih justru bikin Anda semakin sedih. Bahkan mungkin teringat memori buruk yang dulu membuat Anda sedih.

Namun kenyataannya, menonton film sedih justru bisa membantu Anda lebih cepat move on. Kenapa begitu?

Ketika Anda menonton film yang memancing emosi, ternyata selama waktu itu otak kita akan melepaskan hormon oksitosin. Oksitosin sendiri sering disebut sebagai hormon cinta. Selain itu, hormon ini juga berperan penting untuk menciptakan keinginan bersosialisasi dengan orang lain, serta mendorong Anda untuk lebih berempati dan menyayangi.

See also  Cara Menghilangkan Cegukan dengan Mudah dan Efektif

Perbanyak Kalimat Motivasi

Apabila Anda merasa kalah dan tidak bisa berbuat apa-apa, pastikan untuk memperbanyak kalimat motivasi untuk mengobarkan semangat. Jika harus menghadapi kekalahan maka Anda bisa mengatasinya dengan baik tanpa khawatir dan takut dengan tantangan yang ada di depan. Jadi, tingkat stres masih bisa diatasi dengan baik dan pastinya tetap berusaha untuk lebih baik.

Selain persoalan dalam bekerja, stres juga dapat dipicu dari masalah keluarga yang seringkali membuat seseorang harus berpikir keras. Karena, keluarga ini bisa menjadi persoalan yang vital dalam kehidupan dan bahkan menjadi tempat untuk mengistirahatkan berbagai pikiran.

Tapi ketika ada masalah pada lingkup ini, sudah pasti akan membuat siapapun merasa bingung untuk menyelesaikannya. Itulah mengapa, sebaiknya Anda menenangkan diri ketika ada masalah yang harus dihadapi agar tidak menjadi lebih rumit. Dengan beberapa cara menghilangkan galau dan stres yang sudah disebutkan diatas, Anda bisa menghadapi masalah apapun dengan mudah. Meskipun harus merasakan galau beberapa waktu setidaknya masalah tersebut tidak sampai berlarut-larut. Karena, galau sendiri merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh semua orang ketika harus menghadapi suatu persoalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.