Anak Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya

Faktor umum anak tidak mau makan :

Sedang Sakit

Salah satu penyebab anak tidak mau makan sama sekali yang paling utama, yaitu karena sedang sakit. Biasanya, saat anak merasa demam, flu, atau diare akan menyebabkan hilangnya selera makan secara signifikan. Maka dari itu, ada baiknya orang tua segera membawanya periksa ke dokter.

Cacingan

Cacingan juga bisa menjadi penyebab anak tidak mau makan sama sekali. Cacingan sendiri merupakan penyakit infeksi parasit cacing yang tinggal dalam usus manusia. Cacing yang menetap di usus ini akan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke dalam usus.

Biasanya, anak yang mengalami cacingan akan merasakan beberapa gejala, seperti batuk, napas terasa sesak, mual, muntah, dan tidak mau makan. Apabila Si Kecil memiliki beberapa gejala tersebut, segera periksa ke dokter.

Anoreksia Nervosa

Penyebab anak tidak mau makan sama sekali selanjutnya yaitu, anoreksia nervosa. Umumnya, anak yang memiliki gangguan anoreksia nervosa ditandai dengan rasa takut yang berlebihan bila berat badan bertambah. Selain itu, penderita anoreksia nervosa juga terobsesi memiliki bentuk tubuh yang kurus.

Pada anak-anak, gangguan anoreksia nervosa bisa menyebabkan ketidak seimbangan genetik dan menurunnya berat badan akibat anoreksia. Hal ini juga bisa ditandai dengan anak yang menghindari makanan tertentu dan berolahraga lebih keras dibanding biasanya.

Anak mengalami beberapa masalah kesehatan

Orang dewasa sering mengeluhkan tidak nafsu makan ketika tubuhnya sedang tidak sehat, begitu juga anak-anak. Beberapa masalah yang membuat anak balita susah makan adalah masalah kesehatan, seperti:

  • Radang tenggorokan
  • Ruam kulit
  • Demam
  • Sariawan
  • Sembelit
  • kekurangan zat besi
  • Infeksi saluran kemih
  • Anemia
  • Flu
  • Sakit perut
See also  12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Aman, Cobalah

Bila kondisi ini berlangsung lebih dari satu minggu dan tidak kunjung membaik, segera kunjungi dokter untuk konsultasi. Ketika kondisi ini dibiarkan terus menerus, hal ini tentu bisa mengganggu tumbuh kembang si kecil dan membuat orangtua cemas.

Anak Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya

Nafsu makan anak balita balita memang sulit ditebak. Ada kalanya ia bisa sangat lahap menyantap makanan, tapi di lain waktu ia mungkin menolak makanan yang Anda berikan. Kondisi ini sering membuat orangtua cemas dengankebutuhan gizi dan nutrisi si kecil, apakah masih terpenuhi atau tidak. Jadi, mengapa nafsu makan balita sulit dikendalikan bahkan sampai mengalami susah makan?

Ada banyak faktor penyebab anak tidak mau makan sama sekali yang perlu diketahui setiap orang tua. Beberapa penyebab anak tidak mau makan sama sekali antara lain cacingan, sedang sakit, dan gangguan pencernaan

Mengenalkan anak dengan rutinitas sehari-hari

Usia dua tahun ke atas, anak sudah mengerti tentang rutinitas sehari-hari. Jam berapa dia bangun, makan, tidur, dan bermain. Anak akan merasa lebih nyaman dengan rutinitas dan jadwal yang bisa ia prediksi, jadi tentukan waktu makan yang teratur.

Menjadikan makan waktu yang menyenangkan

Ciptakan suasana menyenangkan ketika sedang makan. Kalau suasana makan menyenangkan dan nyaman, anak Anda akan menantikan waktu makan bersama keluarga. Hindari amarah ketika sedang makan yang bisa memicu trauma pada anak.

Tambah Mentega

Bagi lidah anak, sayuran mungkin terasa agak pahit karena lidah mereka masih sensitif. Karena itu, menolak sayuran seperti sudah menjadi insting mereka. Supaya anak suka makan sayur, coba masak menggunakan mentega yang kaya vitamin A, E, dan D3.

Pilih Sayuran Segar

Semakin segar sayuran yang diolah, akan semakin lezat rasanya. Karena itu, penting bagi Bunda untuk selalu memastikan kesegaran sayuran sebelum diolah. Usahakan untuk langsung mengolah sayuran yang baru dibeli. Menyimpan sayuran, misalnya disimpan di dalam kulkas dalam waktu lama, bisa mengurangi kesegarannya. Sayuran yang tidak segar pun akan terlihat kurang menarik di piring. Hal ini bisa berakibat buah hati semakin tidak berselera menyantapnya.

See also  Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan dengan bantuan Obat

Cari Sayuran yang Disukai Anak

Di antara banyaknya pilihan sayur, Bunda harus cermat memperhatikan mana yang menjadi kesukaan anak. Sajikan berbagai olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan. Perhatikan bagaimana respon dan reaksinya terhadap sayuran yang di sajikan. Kemudian bisa mencari berbagai resep dan cara mengolah beberapa sayuran favorit buah hati agar ia tidak bosan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.