Jenis Olahraga yang Aman dan Sehat untuk Tulang Belakang

Jenis Olahraga yang Aman dan Sehat untuk Tulang Belakang

Apa yang paling mahal di dunia ini? Tentu semua orang akan setuju ketika menjawab kesehatan. Sebab kesehatan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap manusia, karena dengan sehat maka setiap orang dapat melakukan segala aktivitasnya dengan lancar tanpa gangguan.

Salah satu anggota tubuh yang perlu mendapat perhatian khusus adalah tulang. Keberadaannya sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Peregangan ringan

Jenis olahraga yang pertama adalah peregangan ringan. Peregangan ini dilakukan dengan fokus pada punggung tapi harus dilakukan secara perlahan dan jangan dipaksakan. Anda bisa mencoba peregangan ringan seperti meliukkan punggung ke arah samping kanan dan kiri secara bergantian.

Lalu, membungkukkan punggung ke arah depan dan belakang bergantian pula. Tahan pada masing posisi selama 8 hitungan dan ulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak 3-5 kali. Bagi pemula sebaiknya jangan dipaksakan terlalu lama atau berkali-kali karena tidak baik juga. Lakukan di pagi hari di bawah sinar matahari akan lebih efektif bagi Anda.

Berenang

Selanjutnya, Anda juga bisa berenang karena olahraga ini bisa membuat tulang belakang dan otot-otot tubuh menjadi seimbang dan simetris. Namun, perlu diperhatikan untuk jenis gaya renangnya.

Untuk berenang yang aman bagi penderita skoliosis adalah gaya bebas dan gaya punggung karena menjaga tulang belakang dalam posisi netral. Selain memberikan manfaat bagi tulang belakang dan otot punggung, renang juga melatih ketahanan jantung serta paru-paru.

Yoga

Yoga juga termasuk olahraga yang aman bagi penderita skoliosis. Yoga merupakan olahraga ringan yang memberikan efek besar bagi penderita skoliosis. Bahkan ada yoga khusus yang bisa membantu penderita mengurangi tingkat kelengkungan dan hanya dokter yang bisa menjelaskannya.

See also  Cara Menanam Kangkung Hidroponik, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Pastikan Anda, melakukan yoga bersama instruktur yang memahami kondisi Anda karena ada gerakan-gerakan yang sebaiknya dihindari oleh penderita skoliosis.

Push Up dan Sit Up

Jenis olahraga lain yang dapat melatih tulang belakang kuat dan sehat adalah push up dan sit up. Sebenarnya, ada banyak otot yang digerakkan saat kamu melakukan push up dan sit up yaitu otot dada, punggung, bahu, trisep, bisep, serta perut yang kesemuanya secara tidak langsung juga melatih tulang belakang. Pasalnya, saat melakukan push up dan sit up kamu dipaksa untuk menegakkan punggung yang pada intinya menempatkan tulang belakang tepat pada posisinya.

Bersepeda

Kata siapa penderita skoliosis tidak boleh bersepeda? Penderita skoliosis boleh kok bersepeda asalkan memilih sepeda yang tepat. Sepeda bagi penderita haruslah yang membuat punggung lurus bukan membungkuk.

Kalau yang membuat penderita membungkuk, justru menambah derajat kelengkungan tulang belakang. Manfaat bersepeda bagi penderita skoliosis adalah melatih kekuatan tulang, menguatkan otot-otot serta meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Selain itu, bersepeda ini sifatnya sebagai hiburan yang berarti tidak perlu terpaku dengan jarak atau waktu. Penderita harus menyesuaikan kondisinya saat bersepeda. Bila merasa tidak kuat, lebih baik tidak dilanjutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.