Cara Mudah Meredakan Sakit Pinggang Bagian Belakang

Cara Mudah Meredakan Sakit Pinggang Bagian Belakang

Sakit pinggang adalah rasa nyeri yang berada di punggung bagian bawah. Terdapat beberapa cara mengatasi sakit pinggang, bisa dengan mengkonsumsi obat atau memperbaiki pola hidup menjadi lebih baik.  Umumnya sakit pinggang disebabkan karena adanya cedera otot pinggang. Cedera tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor dan akan menimbulkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman.
Pada gejala ringan, penderita akan mengalami rasa sakit hanya berlangsung dalam beberapa hari saja atau dalam hitungan minggu. Namun, untuk beberapa kasus ada yang merasakan lebih dari tiga bulan.

Sebenarnya sakit pinggang adalah hal yang lumrah. Saat seseorang memasuki usia paruh baya, mereka lebih cenderung mengalami serangan nyeri punggung bawah. Usia sering kali menjadi penyebabnya. Seiring waktu, tulang dan persendian di punggung bawah mulai berubah. Struktur yang berfungsi sebagai bantalan di antara tulang di tulang belakang cenderung aus. Perubahan struktural ini terkadang menyebabkan rasa sakit.

Selain karena usia, sebagian besar kasus nyeri punggung bawah berasal dari ketegangan atau keseleo karena penggunaan yang berlebihan, aktivitas yang tidak biasa, mengangkat barang yang berat, serta kecelakaan.

Dalam kebanyakan kasus, langkah terbaik adalah menunggu dan melihat apakah nyeri hilang dengan sendirinya. Jika rasa sakit tidak kunjung membaik setelah tiga hingga empat hari, maka inilah saatnya menemui dokter. Namun, tergantung pada sumber nyeri punggung dan tingkat keparahannya, kamu dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan untuk nyeri punggung bawah dan meringankan rasa sakitnya. Berikut beberapa opsi yang bisa dilakukan:

See also  Manfaat Vanila untuk Kesehatan, Tak Cuma Beri Rasa dan Aroma

Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang di rumah? Selengkapnya baca di sini

Aktif Berolahraga

Aktivitas merupakan obat terbaik untuk sakit punggung. Latihan sederhana seperti berjalan bisa sangat membantu. Ini membuat orang keluar dari postur duduk dan menempatkan tubuh pada posisi netral dan tegak. Namun, ingatlah untuk bergerak secukupnya. Jauhi aktivitas berat seperti berkebun dan hindari gerakan apa pun yang menyebabkan rasa sakit.

Pertahankan Postur yang Baik

Rasa sakitnya mungkin dimulai setelah latihan yang lama di gym, tetapi ketegangan yang menyebabkannya mungkin telah berproses selama bertahun-tahun. Kebanyakan orang memiliki postur tubuh yang buruk saat melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga punggung mereka tertekan. Ini bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti saat menyikat gigi di wastafel, ataupun duduk di meja kerja.

Tidur dengan Posisi Benar 

Bukan hanya kuantitas tidur saja yang penting, kualitasnya juga penting. Salah satu cara menjaga kualitas tidur tetap stabil adalah dengan menempatkan posisi tidur yang maksimal. Orang yang tidur menghadap ke atas harus meletakkan bantal di bawah lutut mereka.

Orang yang tidur menyamping harus meletakkan bantal di antara lutut untuk menjaga tulang punggungnya dalam posisi netral. Tidur dengan perut menyebabkan leher dan kepala berputar dan dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada punggung.

Tingkatkan Asupan Kalsium dan Vitamin D

Cara mengatasi sakit pinggang yang ketiga adalah dengan mingkatkan asupan kalsium dan vitamin D harian. Tulang yang kuat dapat membantu mencegah timbulnya osteoporosis. Osteoporosis salah satu penyebab paling umum dari sakit punggung di kemudian hari, terutama bagi wanita. Untuk itu, jaga selalu kondisi tulang belakang agar tetap kuat dengan mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D.

Kalsium bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti susu, yogurt, sayuran berdaun hijau, dan suplemen vitamin. Sementara, vitamin D bisa didapatkan pada ikan berlemak, kuning telur, hati sapi dan keju.

See also  Rutin Konsumsi Makanan Ini, Kesehatan Mata Pasti Terjaga!

Duduk dengan Baik

Cara mengatasi sakit pinggang yang kelima adalah dengan memposisikan diri agar duduk dengan baik dan nyaman saat beraktivitas di kantor. Saat duduk di kursi kantor, gunakanlah teknik postur tubuh yang baik seperti yang digunakan saat berdiri. Sangat penting untuk menjaga postur tubuh yang baik dan menopang punggung saat duduk, terutama jika melakukannya selama beberapa jam per hari. Pilih juga kursi berkualitas yang memberikan dukungan kuat untuk punggung bawah dan pastikan lutut berada dalam posisi yang sedikit lebih tinggi dari pinggul saat diduduk.

Mengkonsumsi Bawang Merah

Mengkonsumsi bisa menjadi salah satu cara meredakan sakit pinggang. Pasalnya, bawang merah mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meredakan sakit pinggang.

Mengkonsumsi Jahe dan Teh Hijau

Selain mengkonsumsi bawang merah, jahe dan teh hijau juga dapat mengatasi sakit pinggang loh. Kandungan antiinflamasi dalam kedua bahan alami tersebut mampu meredakan inflamasi atau peradangan, salah satunya peradangan otot pinggang.

 Mengkonsumsi Kunyit dan Susu

Cara mengatasi sakit pinggang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi campuran ekstrak kunyit dan susu. Pasalnya, campuran bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi dan antioksidan dapat menghilangkan rasa sakit pinggang akibat peradangan otot.

Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru tetapi juga memberikan tekanan pada punggung. Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam American Journal of Medicine menemukan bahwa perokok dan mantan perokok lebih cenderung mengalami sakit punggung bila dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Kompres Dingin dan Panas 

Sebaiknya gunakan kompres dingin atau kompres es, bukan panas, segera setelah cedera pinggang. Ini dapat meredakan nyeri dengan membuat area tersebut mati rasa dan mencegah atau mengurangi pembengkakan.

See also  Dampak buruk mengonsumsi kangkung secara berlebihan

Namun, sekitar 48 jam setelah timbulnya nyeri, mengoleskan bantalan pemanas atau botol air panas ke area nyeri bisa membantu meredakan sakit. Sensasi kehangatannya bisa menenangkan dan mengendurkan otot yang sakit dan meningkatkan aliran darah serta membantu proses penyembuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.