Penyebab dan Hal Lain yang Membuat Anda Berisiko Memiliki Asma

Penyebab dan Hal Lain yang Membuat Anda Berisiko Memiliki Asma

Penyebab asma masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada dugaan kondisi ini terkait dengan faktor genetik dan lingkungan. Adapun pemicu asma itu sendiri dapat berbeda-beda pada tiap penderita . Asma bronkial, atau Anda mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan asma, adalah penyakit pernapasan kronis tidak menular paling umum di seluruh dunia. Penyakit asma tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikendalikan agar tidak sering kumat. Salah satu caranya adalah dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebab atau pemicu asma Anda .

Asma terjadi ketika otot-otot di saluran pernapasan menyempit dan mengencang. Kondisi tersebut membuat saluran pernapasan mengalami pembengkakan atau peradangan dan memproduksi lendir atau dahak yang kental secara berlebihan. Akibatnya, penderita asma akan sulit bernapas.

Adapun pemicu asma itu sendiri dapat berbeda-beda pada tiap penderita, antara lain:

  • Infeksi saluran pernapasan, seperti flu
  • Alergen (zat pemicu alergi), seperti bulu hewan, tungau, debu, dan serbuk bunga
  • Paparan asap kimia, asap rokok, dan polusi udara
  • Kondisi cuaca, seperti badai, udara dingin atau panas, cuaca lembap atau berangin, serta perubahan suhu yang drastis
  • Kondisi ruangan yang lembap, berjamur, atau berdebu
  • Stres
  • Emosi yang berlebihan, misalnya kesedihan yang berlarut, marah tak terkendali, atau tertawa terbahak-bahak
  • Aktivitas fisik atau olahraga yang terlalu berat
  • Obat-obatan, misalnya obat pereda nyeri antiinflamasi nonsteroid (seperti aspirin atau ibuprofen) dan obat penghambat beta
  • Makanan atau minuman yang mengandung zat aditif, misalnya selai, udang, makanan olahan, makanan siap saji, minuman kemasan sari buah, bir, dan wine
  • Alergi makanan misalnya pada udang atau kacang-kacangan
  • Penyakit asam lambung (GERD)
See also  Penyebab Flu dan Gejalanya

Yuk, cari tahu PENYEBAB ASMA berikut ini:

1. Lingkungan

Lingkungan sekitar bisa menjadi salah satu faktor penyebab asma. Karena di dalam lingkungan ada polutan yang bisa menyebabkan saluran pernapasan Anda terganggu karena penyempitan dan sesak napas. Beberapa hal dari lingkungan yang bisa menjadi penyebab asma adalah alergi terhadap debu, serbuk bunga, tungau, bulu hewan, polusi udara, kondisi dalam ruang yang lembab dan berjamur, asap kimia, serta asap rokok.

2.  Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Aktivitas fisik, seperti olahraga yang berlebihan bisa juga menjadi penyebab asma. Meskipun olahraga sangat disarankan untuk dilakukan, dan baik bagi kesehatan, tapi jika Anda melakukannya secara berlebihan tentunya akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan, yaitu pemicu kambuhnya penyakit asma.

3.  Stres

Stres bukan hanya berdampak pada psikis, tetapi juga akan memengaruhi kesehatan Anda, salah satunya bisa menjadi faktor penyebab asma.

4.  Pengaruh Obat-obatan

Faktor penyebab asma lainnya adalah adanya pengaruh dari obat-obatan tertentu yang bisa menjadi penyebab asma seperti obat penghambat beta yang biasanya diberikan pada pengidap hipertensi atau gangguan jantung, obat pereda nyeri anti-inflamasi nonsteroid, misalnya aspirin, naproxen, dan ibuprofen.

5.  Makanan Atau Minuman yang Mengandung Sulfit

Makanan atau minuman yang mengandung sulfit atau bahan pengawet seperti selai, makanan olahan, makanan siap saji, makanan olahan, udang, minuman kemasan sari buah, wine, dan minuman beralkohol.

6.  Penyakit Refluks Gastroesofageal  (GERD)

Penyakit GERD atau penyakit yang disebabkan asam lambung kembali naik ke kerongkongan sehingga bisa menyebabkan iritasi saluran cerna bagian atas.

7.  Emosi Berlebihan

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan penyakit asma, yaitu emosi yang berlebihan seperti marah berlebihan, tertawa terbahak-bahak, kesedihan yang berlarut-larut. Tidak hanya memengaruhi psikis seseorang, namun juga bisa menjadi penyebab asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published.