Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Masih meremehkan kondisi hidung tersumbat atau hidung mampet? Kenyataannya, kondisi hidung mampet ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu aktivitasmu. Perasaan yang tidak nyaman inilah yang akhirnya akan membuat kamu mencari sejuta cara untuk mengatasi hidung tersumbat secara cepat dan tepat.

Ketika hidung tersumbat tak bisa menghirup oksigen, mau tak mau akan mengandalkan mulut untuk bernapas. Padahal jika terlalu lama bernapas melalui mulut tidak baik untuk kesehatan. Selain menyebabkan mulut menjadi kering, mulut memang tidak didesain untuk bernapas. Mulut tidak mempunyai proteksi menyaring udara-udara kotor, debu penuh bakteri, dan kuman, layaknya hidung.

Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat tentu saja menghindari pemicu dan penyebab kondisi ini. Penyebabnya ternyata bisa berasal dari sekeliling lingkungan. Mulai dari debu sampai asap, berbagai pemicu tersebutlah yang akhirnya menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang fit dan menimbulkan gejala hidung tersumbat.

Saat kamu mengalami hidung tersumbat, jangan terburu-buru panik. Kamu bisa melakukan sejumlah cara untuk meredakan gejala tersebut agar pernapasan kembali plong. Namun ingat, ketika gejala sudah membaik, berusahalah untuk memperkuat imunitas dan menjauhkan diri dari penyebab hidung mampet agar gejala yang mengganggu ini tidak kembali datang.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan dengan bantuan obat yang bisa dicoba untuk dapat merasakan atau bernapas lebih baik:

Oleskan minyak kayu putih

Minyak kayu putih, salep, atau balsem dapat menjadi senjata ampuh untuk menjadi cara mengatasi hidung tersumbat. Oleskan minyak kayu putih ke permukaan lubang hidung agar dapat terus menghirup aromanya.
Jika dibutuhkan, oleskan pula di bagian dada supaya tubuh menjadi hangat dan lebih nyaman.
Minyak kayu putih atau eucalyptus oil yang terbuat dari daun kayu putih itu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat. Minyak kayu putih dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sinus dan meredakan peradangan pembuluh darah secara bertahap.

See also  LAGI GALAU? 10 CARA INI BISA MENGHILANGKANNYA LHO!

Mengoleskan Minyak Eucalyptus

Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di kisaran hidungmu. Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab. Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga kamu dapat bernapas lebih lega. Beberapa pendapat bahkan mengatakan minyak eucalyptus dapat diminum untuk meredakan gejala masalah kesehatan, namun metode ini tidak disarankan karena dikhawatirkan efek sampingnya.

Keluarkan Lendir di Hidung

Apa yang biasa kamu lakukan ketika merasa hidung mampet dan sulit untuk bernapas? Hal ini menandakan adanya cairan lendir (mucus), atau yang sering disebut dengan ingus, yang menyumbat saluran pernapasanmu.

Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut. Namun usahakan jangan membuang ingus terlalu kencang, karena malah akan mengirim kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Cara membuang ingus yang tepat adalah menutup salah satu lubang hidung, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tersumbat.

Mengonsumsi Teh Herbal

Ini dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami lainnya! Kamu bahkan akan merasa cara ini sebagai langkah pengobatan. Soalnya, kamu cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung mampet. Teh herbal, khususnya teh peppermint yang memiliki kandungan mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Menyeruput teh ini hangat-hangat akan mampu membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang. Kamu bisa meminum secangkir teh herbal sambil diiringi dengan musik ataupun ditemani biskuit. Selain bisa mengatasi hidung tersumbat, cara ini juga bisa mengurangi tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun menguat.

See also  Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu melepaskan hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan kompres hangat, yakni: Pertama-tama rendam handuk dalam air hangat Peras air dari handuk, lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi Kehangatan dapat memberikan rasa nyaman dari rasa sakit dan membantu meredakan peradangan pada lubang hidung Ulangi ini sesering yang diperlukan

Perbanyak minum

Saat sedang pilek berat, lendir akan mengental dan menyumbat hidung. Untuk mengatasinya, perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.
Air hangat dapat membantu mengencerkan lendir pada saluran pernapasan, mengurangi tekanan pada sinus. Ketika tekanan berkurang, peradangan dan nyeri akibat hidung tersumbat akan berkurang.
Jika tidak biasa minum air hangat, cobalah konsumsi campuran teh jahe dan mint, air cuka apel, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk melegakan napas.
Selain itu, teh memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk membersihkan saluran hidung.

Gunakan semprotan cairan saline

Hidrasi selangkah lebih maju dengan larutan saline, larutan air garam yang bisa didapatkan di apotek. Cairan saline ada yang mengandung natrium klorida 0,9 persen dan natrium klorida 0,45 persen yang larut dalam air. Menggunakan semprotan saline hidung dapat meningkatkan kelembapan di lubang hidung Anda. Semprotan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda. Ini mengurangi peradangan pembuluh darah Anda dan membantu mengosongkan cairan dari hidung Anda. Banyak semprotan saline tersedia tanpa resep.
Beberapa semprotan saline juga termasuk obat dekongestan. Namun, akan lebih baik memang, bicaralah dulu dengan dokter sebelum Anda mulai menggunakan semprotan saline dengan dekongestan. Obat ini sebenarnya dapat memperburuk hidung tersumbat jika digunakan selama lebih dari tiga hari. Obat ini juga dapat menyebabkan efek samping bila digunakan bersama dengan obat lain.

See also  Penderita Asma, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Cobalah dekongestan

Obat dekongestan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri yang berhubungan dengan iritasi saluran hidung. Banyak dekongestan tersedia tanpa resep dokter. Obat ini datang dalam dua bentuk, yakni semprotan hidung dan pil. Semprotan hidung dekongestan yang umum termasuk oxymetazoline (Afrin) dan phenylephrine (Sinex). Sementara, pil dekongestan yang umum termasuk pseudoefedrin (Sudafed, Sudogest). Banyak dari obat-obatan ini tersedia di apotek dan harus atas saran apoteker. Seperti pada penggunaan obat lainnya, pemakaian dekongestan harus dilakukan dengan benar dan aman. Secara umum, Anda tidak boleh mengonsumsi dekongestan selama lebih dari tiga hari tanpa pengawasan dokter. Setelah tiga hari, dekongestan bisa membuat hidung tersumbat dan rasa sesak menjadi semakin parah.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.