Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Sakit kepala adalah suatu kejadian yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian kepala atau leher. Sakit kepala yang terjadi dapat berkembang menjadi migrain dengan gejala nyeri lebih tajam dan berdenyut. Gangguan tersebut umumnya dapat memengaruhi kegiatan yang sedang dikerjakan.

Pada dasarnya, masing-masing orang tingkat rasa sakit atau nyeri di bagian kepala dapat berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat. Durasi sakit kepala yang dialami juga bisa lain, yakni dapat berlangsung hanya sebentar beberapa menit atau bahkan berhari-hari. Sakit kepala adalah keluhan umum yang dihadapi banyak orang setiap harinya. Penyebabnya sangat beragam mulai dari kondisi fisik yang tidak bugar hingga stres.

Berikut ini terdapat ragam cara mengatasi sakit kepala :

Perbanyak minum air putih

Minum cukup air dapat membantu mencegah sakit kepala atau mengurangi keparahannya. Dehidrasi bisa menjadi penyebab dari banyak sakit kepala sederhana. Ini juga dapat mengubah perasaan, tindakan, atau pemikiran seseorang. Melansir Medical News Today, sebuah studi di jurnal Antioxidants mencatat, bahkan dehidrasi ringan dapat mengubah cara orang berpikir dan bertindak, membuat mereka merasa lebih buruk dengan atau tanpa sakit kepala. Air dapat membantu membuat seseorang dalam situasi ini merasa lebih baik, meskipun beberapa penelitian lebih berhati-hati. Sebuah bacaan kritis dari satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evaluation in Clinical Practice mencatat bahwa air minum tidak mengurangi berapa lama orang mengalami sakit kepala, tetapi itu membuat mereka merasa lebih baik secara subjektif.

See also  Cara Alami Mengatasi Bau Mulut

Jadi, jaga tubuh tetap terhidrasi. Bawalah sebotol air dan minumlah sepanjang hari. Makan makanan tinggi cairan, seperti buah-buahan, smoothie, atau sup juga dapat meningkatkan hidrasi.

Kompres dingin

Kompres dingin dapat menjadi solusi sakit kepala sederhana yang bisa dilakukan. Menerapkan kompres es atau benda dingin lainnya ke kepala atau leher dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut. Namun, melakukan kompres dingin mungkin hanya dapat meredakan sakit kepala untuk sementara. Sebuah studi yang diterbitkan Hawai’i Journal of Medicine & Public Health menemukan bahwa mengoleskan kompres es ke leher selama 30 menit secara signifikan mengurangi rasa sakit pada penderita migrain.

Kompres hangat

Dalam kasus sakit kepala lain, seperti sakit kepala tegang, di mana otot-otot terlalu kencang, kompres hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot ini dan meredakannya. Kompres hangat bisa sesederhana handuk yang dipanaskan. Orang mungkin bisa mendapatkan efek yang sama dari mandi atau mandi air hangat.

Hilangkan semua tekanan di kepala

Dalam beberapa kasus, ada alasan fisik untuk sakit kepala. Periksa apakah ada barang yang terlalu menekan kepala. Ini mungkin termasuk kuncir kuda atau sanggul yang terlalu ketat.

Istirahat di Tempat Redup atau Teduh 

Sengatan cahaya matahari langsung di siang hari dan juga paparan sinar dari layar ponsel dan laptop dapat memicu terjadinya sakit kepala karena otot mata yang lelah. Jika kebetulan pekerjaan dilakukan di luar ruangan yang panas dan terik, sisihkan waktu sejenak untuk beristirahat di tempat teduh untuk mengurangi tekanan pada mata dan mendinginkan suhu tubuh. Dan pada malam harinya, istirahatlah di ruangan dengan pencahayaan redup atau gelap agar mata lebih rileks dan sakit kepala menghilang perlahan.

See also  Dampak buruk mengonsumsi kangkung secara berlebihan

Cukup tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala. Namun, masalah lain terkait dengan tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang, seperti terlalu banyak tidur atau tidak tidur nyenyak karena tubuh tidak diistirahatkan dengan baik.

Cobalah teh herbal

Teh herbal bisa menjadi cara yang berguna untuk menambahkan air ke dalam makanan sambil menikmati manfaat dari senyawa alami lainnya. Misalnya, teh jahe dapat membantu mengatasi migrain. Sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa bubuk jahe memiliki efek yang mirip dengan obat umum untuk mengurangi migrain. Teh lain yang berpotensi menenangkan dan meredakan sakit kepala, termasuk teh peppermint, kamomil, dan lavender.

Lakukan Relaksasi 

Relaksasi seperti meditasi, yoga atau berolahraga ringan sambil melepaskan penat dan stres dapat dijadikan sebuah rutinitas yang membantu meredakan sakit kepala. Kegiatan relaksasi seperti ini memberikan kesempatan pada tubuh dan otot untuk mengalami peregangan sehingga kekakuan otot dapat berkurang dan sakit kepala perlahan menghilang.

Terapi Tusuk Jarum 

Tusuk jarum atau akupuntur menggunakan titik saraf tertentu di tubuh untuk meringankan berbagai penyakit, termasuk sakit kepala. Terapis akupuntur mengetahui berbagai titik di tubuh yang dapat membuat otot lebih rileks dan meredakan nyeri di kepala. Penggunaan jarum selama pengobatan dengan metode ini mungkin menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga bangun komunikasi yang baik dengan terapis supaya pengobatan berjalan menyenangkan dan efektif. Pastikan memilih terapis bersertifikat dengan legalitas praktek yang terjamin.

Minum Obat Pereda Nyeri 

Bagi yang membutuhkan penanganan sakit kepala dengan cepat, meminum obat pereda sakit kepala bisa menjadi cara paling mudah dan efektif. Ketika sakit kepala menyerang minumlah obat dengan kandungan parasetamol dan kafein yang dapat meredakan nyeri di kepala dengan cepat, gak pake lama. Obat-obatan ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek tanpa resep dokter. Pastikan mengikuti anjuran atau dosis penggunaan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Jika sakit kepala tidak membaik dalam 5 hari, segera konsultasikan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.