Manfaat Jus Tomat, Bantu Diet hingga Jaga Kecantikan Kulit

Manfaat Jus Tomat, Bantu Diet hingga Jaga Kecantikan Kulit

Tahukah kamu bahwa minum jus tomat baik untuk kesehatan? Tomat menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain kandungan nutrisi dasarnya, jus tomat juga membantu sistem kekebalan tubuh mencegah dan melawan sejumlah penyakit. Untuk mendapatkan semua manfaat yang terkandung dalam jus tomat, kamu harus menggunakan tomat asli dan utuh serta memprosesnya sendiri.

Segelas jus tomat memberikan 74 persen nilai harian vitamin C dan 22 persen vitamin A. Kedua vitamin yang berkontribusi untuk membantu penglihatan yang lebih baik. Vitamin lain yang terkandung di dalamnya termasuk folat, vitamin E, K, dan vitamin B termasuk tiamin, niasin, asam pantotenat, riboflavin dan B-6.

Setiap olahan jus tomat mengandung nutrisi melimpah yang sangat baik bagi tubuh, mulai dari vitamin C dan A hingga kalium. Varian tomat sendiri juga beraneka ragam, dari yang berwarna merah, kuning, oranye, atau hijau. Namun, umumnya tomat yang sering dijadikan jus adalah tomat berwarna merah dan matang, karena tomat mentah memiliki rasa cenderung asam sepet.

“Kandungan likopen pada jus tomat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah minum jus tomat, yaitu melindungi kesehatan jantung, mencegah kanker, hingga mengelola berat badan. Pastikan jus tomat yang kamu konsumsi mengandung 100 persen tomat utuh dan tanpa pemanis buatan.”

Jus tomat menyediakan 16 persen potasium yang dibutuhkan untuk menjaga jantung berdetak dengan baik. Mineral lain yang terkandung yaitu mangan, fosfor, tembaga, besi, dan magnesium. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan setelah minum jus tomat:

See also  Cara Menghilangkan Sakit Perut dengan Cepat

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Tomat adalah salah satu sumber likopen, antioksidan yang termasuk dalam keluarga karotenoid, yang meliputi beta-karoten dan lutein. Likopen membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mencegah katarak, memberikan efek antiinflamasi untuk mengelola berat badan dan melindungi dari berbagai jenis kanker.

Melindungi Kesehatan Jantung

Nutrisi penting dalam jus tomat yang mendukung kesehatan jantung yaitu kalium dan vitamin C dan E. Kalium penting untuk menjaga tekanan darah dengan mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh. Likopen membantu memperkuat arteri dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Membantu dalam Pencegahan Kanker

Minum segelas jus tomat setiap hari bisa membantu mencegah berbagai bentuk kanker berkat kandungan likopen di dalamnya. Lagi-lagi likopen memiliki efek antiinflamasi dan anti-kanker yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat, dan paru-paru.

Mengurangi peradangan

Peradangan dapat menyerang bagian tubuh manapun, baik otot, kepala, usus, atau jaringan sistem organ.Namun, manfaat jus tomat dapat mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh. Sebab, kandungan antioksidan dalam jus tomat diyakini memiliki efek antiperadangan.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan potasium, magnesium, zat besi, dan kalsium dalam jus tomat dapat meningkatkan kesehatan tulang dan kepadatan mineral tulang. Kandungan ini sangat baik untuk orang yang bertambah usia atau orang yang kekurangan mineral sehingga berisiko mengalami osteoporosis .

Meningkatkan kesehatan jantung

Selain dapat menurunkan kolesterol, jus tomat juga dipercaya dapat menetralkan homocysteine yang dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu fungsi jantung.Fitonutrien dalam jus tomat juga mampu mencegah pembekuan darah, meningkatkan kesehatan tubuh, serta menurunkan risiko serangan jantung dan stroke .

Memperlancar pencernaan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.