Kebiasaan yang Tidak Sadari Membuat Gigi Anda Kuning

Kebiasaan yang Tidak Sadari Membuat Gigi Anda Kuning

Semua orang tentu ingin memiliki gigi putih, bersih, dan sehat. Namun kadang, gigi bisa saja tetap menguning meski sudah rajin menggosok gigi. Jika begitu, penyebab gigi kuning Anda mungkin karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukan tanpa sadar. Warna kuning bukan tanda dari buruknya kesehatan mulut, namun gigi kuning umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk terhadap gigi. Jika tidak mencari cara mengatasi gigi kuning dengan segera, bukan tidak mungkin akan berlanjut hingga timbul kerusakan pada gigi.

Gigi yang Tidak Bersih

Timbunan plak adalah satu dari penyebab-penyebab utama noda gigi. Plak bisa muncul karena berbagai hal, mulai dari menumpuknya jaringan ludah sedikit demi sedikit, hingga bekas makanan yang tidak dibersihkan. Semakin lama Anda tidak membersihkan atau menggosok gigi, maka semakin tebal plak yang ada di gigi dan gusi.

Pastikan Anda menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, memakai dental floss setidaknya sekali sehari, dan berkumur dengan antiseptic mouthwash untuk menghilangkan bakteri dan mencegah plak dan tartar.

Kerusakan Email Gigi atau Enamel

Gigi menguning seiring usia, karena email gigi pada akhirnya melemah, menunjukkan dentin bawah yang merupakan substansi yang lebih gelap, yang membentuk kumpulan gigi. Proses pelemahan enamel gigi ini terjadi pada setiap orang dan merupakan hal yang wajar. Meski demikian, Anda bisa lho mengurangi percepatan pelemahan ini melalui kebiasaan menjaga kesehatan gigi yang baik.

See also  Berikut Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat untuk Pria

Anda bisa mencegah kerusakan email tersebut dengan berusaha untuk menyeruput minuman-minuman yang mengandung asam memakai sedotan. Ini akan menghindarkan asam terkena gigi secara langsung. Cara yang lebih baik tentu dengan mengurangi makanan-makanan yang mengandung asam.

Beberapa kebiasaan yang jadi penyebab gigi kuning.

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda yang berwarna gelap bersifat asam dan kaya akan kromogen sehingga konsumsinya dapat menguningkan gigi. Selain minuman berkarbonasi, minuman berenergi juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Sebuah studi menunjukkan bahwa minuman berenergi memiliki keasaman yang tinggi, sehingga konsumsinya bisa membuat enamel gigi terkikis.

2. Buah berwarna pekat

Konsumsi buah-buahan dengan warna yang pekat, seperti blueberry, tomat, blackberrycranberry, ceri, anggur, dan delima dapat meninggalkan noda di gigi. Pasalnya, pigmen warna dan partikel organik pada buah-buahan ini bisa masuk ke pori-pori enamel gigi dan menempel di sana sehingga membuat gigi menguning. Risiko ini tidak hanya berlaku ketika Anda mengonsumsi buahnya secara langsung, tapi juga saat mengonsumsi makanan atau minuman olahan dari buah-buahan tersebut.

3. Permen

Aneka jenis permen dengan pewarna buatan, terutama dengan warna gelap, dapat menyebabkan noda ringan pada gigi, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Tanda permen yang dikonsumsi mampu meninggalkan noda atau tidak adalah dengan melihat adanya warna yang tertinggal pada lidah setelah kita memakannya. Jika ada, besar kemungkinan permen tersebut juga akan meninggalkan noda pada gigi.

4. Tembakau

Merokok bisa menyebabkan noda pada gigi. Bukan hanya dengan mengisap, mengunyah tembakau juga memiliki efek yang sama pada gigi.

5. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya buruk untuk kesehatan pernafasan, rupanya rokok juga menjadi penyebab menguningnya gigi. Dalang yang menyebabkan proses perubahan warna ini adalah kandungan nikotin dan tar pada rokok. Kedua zat tersebut sangat mudah menempel pada gigi dan menumpuk hingga menyebabkan gigi berwarna kekuningan. Bagi perokok berat, efek menguningnya gigi akan terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Apalagi jika tergolong perokok berat, maka gigi akan menghitam setelah bertahun-tahun merokok. Tumpukan kedua zat tersebutlah yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

See also  Judul-judul novel yang berlatar belakang sejarah terdapat pada nomor ....

6. Kerusakan pada Email Gigi atau Enamel

Seiring bertambahnya usia, gigi akan menguning karena email gigi yang melemah. Hal ini terjadi pada setiap orang dan merupakan hal yang wajar. Kamu bisa mencegah kerusakan email dengan cara mengurangi makanan dan minuman yang mengandung asam.

7. Fluoride dan Obat Kumur yang Berlebihan

Fluoride yang ada pada pasta gigi sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dan menjaga kebersihannya. Namun, terlalu banyak fluoride justru berisiko menyebabkan gigi menguning. Terlalu banyak fluoride hingga gigi menguning biasa disebut dengan fluorosis. Selain fluoride, obat kumur untuk membunuh kuman dan menyegarkan mulut pun bisa menyebabkan gigi kuning jika digunakan terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam pada obat kumur. Jika terlalu banyak asam karena obat kumur, gigi juga akan  menguning perlahan-lahan.

8. Kebiasaan Mengonsumsi Minuman beralkohol

Punya kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol? Bisa jadi hal ini adalah alasan mengapa gigimu berubah menjadi kuning. Selain itu, jika tidak diminum dengan dosis yang tepat, minuman ini juga sangat tidak baik untuk kesehatan, lo.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.