Cara Memutihkan Gigi Kuning Membandel Secara Alami, 100% Ampuh!

Cara Memutihkan Gigi Kuning Membandel Secara Alami, 100% Ampuh!

Cara memutihkan gigi, gimana sih? Memiliki gigi yang putih dan bersih tentunya menjadi impian semua orang. Selain untuk kesehatan, gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang saat berhadapan dengan orang lain.
Merawat gigi tidak cukup hanya dengan menggosok gigi, Anda juga perlu menjauhi kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kondisi gigi menguning. Namun, apabila gigi Anda sudah terlanjur berubah warna. Nah bicara soal cara memutihkan gigi secara alami, ada beberapa bahan di rumah yang bisa kamu gunakan. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi di rumah? Yuk, simak pembahasannya!

1. Garam

Selain sifatnya yang antibakteri untuk mengatasi gigi berlubang, garam juga bisa menjadi salah satu cara memutihkan gigi secara alami.
Caranya memutihkan gigi dengan garam:

  • Campurkan garam dan air hingga larut
  • Berkumur-kumur sebanyak 2-3 kali sehari

2. Biji buah pinang

Sejak zaman nenek moyang, biji buah pinang diklaim sebagai cara memutihkan gigi yang menguning. Bagaimana tidak? Kandungannya yang ampuh membersihkan dan mempertahankan kekuatan gigi, mampu menjaga kesehatan pada mulut dan gigi.

3. Buah Stroberi

Buah stroberi bisa memutihkan gigi? Ya, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Operative Dentistry menunjukkan bahwa kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent dalam stroberi dapat membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu.

See also  Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Caranya, lumatkan beberapa buah stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi ketika kamu membersihkan gigi. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya.

4. Arang Aktif

Cara mudah memutihkan gigi yang terakhir adalah dengan arang. Ternyata, arang aktif atau activated charcoal memiliki pori dengan daya serap tinggi untuk mengikat zat yang mampu membuat gigi berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan, seperti misalnya tanin.  Selain itu, bahan ini juga baik untuk menjaga kadar keasaman mulut serta membantu mencegah karang gigi. Caranya, kamu bisa menggunakan arang aktif dengan menaburkannya di atas sikat gigi atau mencampurkannya dengan air untuk berkumur.

5. Kulit jeruk

Sama seperti pisang, kulit jeruk memiliki khasiat untuk membersihkan gigi kuning dan memutihkannya.
Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk:

  • Gosokkan kulit jeruk ke bagian gigi secara merata
  • Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal

6. Baking soda

Baking soda bisa menjadi pilihan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan cepat. Sifat abrasif dalam baking soda mampu menghilangkan noda kuning pada gigi.
Cara memutihkan gigi dengan baking soda:

  • Ambil baking soda secukupnya dan gosokkan ke bagian gigi
  • Diamkan sekitar 3-5 menit
  • Kumur-kumur dengan air bersih

7. Berkumur dengan Air Lemon

Asam yang terkandung pada lemon bisa dimanfaatkan sebagai alkali alami untuk membuat kadar pH di dalam mulut menjadi seimbang. Selain itu, lemon juga merupakan antibakteri yang sangat baik untuk membasmi bakteri penyebab gigi menguning.Inilah cara memutihkan gigi dengan lemon:

  • Peras 1 buah lemon.
  • Campurkan hasil perasan tersebut dengan segelas air hangat.
  • Gunakan untuk berkumur (lakukan 3 kali sehari untuk hasil yang efektif)

Selain itu, kamu juga bisa mencampur 1 sendok makan air perasan lemon dengan sejumput garam. Gabungan keduanya akan membentuk sebuah pasta yang bisa kamu oleskan pada gigi.

See also  Manfaat Buah Semangka untuk Tubuh, Bisa Mencegah Asma!

8. Berkumur dengan Air Perasan Jahe

Sama seperti lemon, jahe pun disebut memiliki kandungan antibakteri yang bermanfaat untuk melenyapkan noda kuning pada gigi.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Parut 1 buah jahe.
  • Peras air dari parutan tersebut.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Selain digunakan dengan cara berkumur, kamu juga bisa menggunakan parutan tersebut dengan cara dioleskan langsung pada gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.