Cara Merawat Kuku Tangan & Kaki agar Panjang Memesona

Cara Merawat Kuku Tangan & Kaki agar  Mempesona

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti mengetik, memegang barang, hingga mengolah makanan di dapur. Hal ini tentunya memengaruhi kebersihan dan kesehatan kuku. Tak sering diperhatikan. Padahal kuku juga menjadi bagian paling penting agar selalu tampil cantik. Memiliki kuku cantik, sehat dan bersih harusnya dimiliki oleh semua orang. Termasuk bagi kaum perempuan yang detail dalam hal berpenampilan.

Memiliki kuku cantik bisa didapatkan dengan cara perawatan alami. Mudah dan praktis dilakukan sendiri tanpa harus jauh-jauh pergi ke salon. Cocok sekali buat kamu yang sibuk dengan rutinitas yang padat. Penasaran cara merawat kuku dengan cara alami? Yuk, ikuti 7 cara jitu untuk memiliki kuku sehat

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku cantik:

Oleskan pelembap pada kutikula

Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Namun, perlu Anda ingat bahwa jangan terlalu berlebihan dalam merawat kutikula. Hindari mendorong atau mengupas kutitula, karena bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi bakteri atau jamur.

Hindari terlalu sering menggunakan cat kuku

Cat kuku memang dapat mempercantik kuku, tetapi penggunaannya perlu dibatasi. Penggunaan cat kuku secara terus-menerus, dapat membuat kuku menjadi rapuh. Berikan jeda waktu setidaknya seminggu sebelum Anda menggunakan kembali cat kuku.

Hindari pula penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton, karena dapat membuat kuku, kutikula, dan kulit di sekitarnya kering. Rendam dengan larutan garam .Cara merawat kuku tangan agar putih bersih selanjutnya adalah dengan menggunakan garam yang dilarutkan ke dalam air hangat. Rendam tangan di dalam air garam untuk membunuh bakteri di sela-sela jari kuku.

See also  Scientist Reveals Plan To Create 'Arctic Elephant' To End Woolly Mammoth Extinction

Metode perawatan kuku ini sangat sederhana dan bahannya mudah didapat, hingga bisa dilakukan di rumah. Pertama, siapkan 2 sdm garam, tuang ke wadah berisi air hangat. Rendam kuku tangan sekitar 10 menit sambil digosok perlahan, kemudian bilas memakai air bersih.

Bersihkan kuku dengan air jeruk

Merendam kuku dengan air jeruk akan memberikan efek yang cukup baik untuk kuku, di mana kuku akan terlihat bersih dan berkilau. Caranya, siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk ke dalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

Hindari kebiasaan menggigit kuku

Menggigit kuku sering dilakukan kebanyakan orang. Kebiasaan ini dapat membuat kuku menjadi tidak sehat, bahkan luka kecil di samping kuku memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Gunakan alat potong kuku yang bersih dan tajam

Menggunakan alat potong kuku yang tajam dan bersih sangat penting. Dengan menggunakan alat yang bersih maka kesehatan kuku akan terjaga. Alat potong kuku yang tajam mempermudah proses pembersihan kuku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.