Pasti Pada Nyesel Baru Tahu Ternyata Ada Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen

Pasti Pada Nyesel Baru Tahu Ternyata Ada Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen

Sebelumnya, ketahui dulu bahwa rambut mengalami siklus mati alami, yang kemudian diikuti dengan regenerasi. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan lebih sedikit warna. Menurut Healthline, faktor genetik berperan besar terhadap awal munculnya uban. Meski begitu, ketika seseorang menginjak usia 35 tahun, folikel rambut yang menua cenderung menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Bagi sebagian kaum hawa di luar sana uban merupakan rambut putih yang memperburuk penampilan. Uban juga dianggap sebagai tanda-tanda penuaan mulai muncul. Padahal sebenarnya uban bisa saja muncul pada pria atau wanita yang masih berusia produktif. Karena uban atau rambut putih muncul karena adanya kerusakan pada rambut atau kurangnya nutrisi pada rambut.

Uban terkadang menjadi sumber turunnya kepercayaan diri serta ketaknyamanan lantaran memengaruhi penampilan. Orang muda yang beruban kerap dianggap lebih tua dari usia sebenarnya. Ada beberapa penyebab munculnya uban, seperti faktor genetik (keturunan), kurangnya vitamin B12, stres, kebiasaan mewarnai rambut, kebiasaan merokok, faktor medis (seperti penyakit autoimun), perubahan hormon, dan polusi.

Uban bisa dicegah dengan menghindari penyebabnya. Anda juga bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini, untuk mengatasi munculnya uban di rambut Anda.

Susu Cair

Berikutnya, kamu juga bisa mencoba cara alami dengan memanfaatkan susu cair. Bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah yaitu hanya susu cair, merica hitam, serta air lemon. Langkah membuatnya yaitu campurkanlah susu cair dengan merica hitam kemudian tambahkan satu sendok teh air lemon. Kemudian, ramuan susu cair tersebut cukup dioleskan di kulit kepala hingga merata dan lakukan cara ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

See also  Joe Rogan replies to Spotify objections and COVID advisories by saying, "I'm not trying to be controversial." Sharing on Social Media

Minyak kemiri, dikenal sejak lama memperindah rambut

Kemiri memang sudah terkenal akan khasiatnya yang bagus untuk rambut, salah satunya adalah untuk menghilangkan uban yang bisa muncul di usia muda.

Cara mengaplikasikan minyak kemiri: 
  1. Sangrai kemiri lalu tumbuk hingga minyak itu keluar
  2. Usapkan minyak pada rambutmu lalu diamkan 15 menit
  3. Bilas dengan air atau keramas agar sisa minyak pada rambut kamu bisa bersih dan hilang

Berhenti merokok

Para perokok 2,5 kali lebih mungkin memiliki risiko beruban sebelum usia 30 tahun, sebelum orang-orang yang tidak merokok mengalaminya. Selain tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan, merokok juga bisa merusak dan mengecilkan folikel rambut. Itulah mengapa, menghentikan kebiasaan merokok juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan uban secara alami.

Kembang Sepatu

Caranya adalah :

  1. Hancurkan bunga dan daunnya hingga hancur.
  2. Campurkan 3 sdm bunga yang sudah dihancurkan dengan 3 sdm bubuk buah malaka, gunakan blender jika diperlukan. Beri tambahan air secukupnya untuk membentuk pasta halus dengan kekentalan yang pas.
  3. Oleskan campuran ke seluruh kulit kepala sambil dipijat dan gosokkan hingga ke ujung rambut.
  4. Biarkan masker selama 30-45 menit, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.
  5. Lakukan dua kali seminggu.

Daun Kari

Caranya adalah :

  1. Rebus segenggam daun kari dengan 3 sdm minyak kelapa.
  2. Diamkan hingga minyak dingin.
  3. Saring daun, lalu aplikasikan minyak di rambut dan kulit kepala sambil dipijat lembut selama 15 menit.
  4. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Gambas atau Oyong

Caranya adalah :

  1. Siapkan setengah cangkir oyong cincang yang sudah dikeringkan dan satu cangkir minyak kelapa.
  2. Rendah gambas kering dalam minyak dengan toples kedap udara selama 3-4 hari.
  3. Setelah empat hari, ambil 2 sdm minyak, lalu panaskan sebentar.
  4. Pijatkan minyak yang hangat ke kulit kepala dan ke seluruh rambut selama 15 menit.
  5. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air sampo dan kondisioner.
  6. Lakukan 2-3 kali seminggu.
See also  Cara Menghilangkan Kuning Pada Bayi

Kopi dan Yoghurt

Pecinta kopi dan memiliki masalah uban merapat. Ampas kopi buatanmu jangan dibuang ya. Manfaatkan ampas kopi yang dicampur yoghurt untuk jadi cara menghilangkan uban. Diamkan selama 20 menit dan taraaa.. bisa mengusir uban dari kulit kepalamu deh.

Kentang

Selain rasanya yang enak apalagi kentang goreng buat camilan, kentang juga kaya akan nutrisi untuk kesehatan rambutmu loh! Nah, daging maupun kulitnya bisa jadi cara menghilangkan uban nih! Caranya dengan merebus kulit kentang lalu air rebusannya dijadikan spray. Sedangkan dagingnya direbus jadi masker rambut.

Bawang Bombay

Bawang bombay nggak hanya sedap sebagai bumbu masakan, tapi juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan uban secara alami. Cara mengaplikasikannya yaitu dihaluskan pakai blender. Eits.. jangan lupa dicuci sampai bersih dulu ya. Terus kamu jadikan masker rambut deh

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.