Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada HP Android

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada HP Android

Tak hanya untuk alat berkomunikasi, tetapi HP juga bisa dipakai untuk pengingat bahkan sarana hiburan saat jenuh di rumah.

Mengingat peran HP yang sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari – hari bahkan untuk berkomunikasi dalam hal pekerjaan, mempertahankan agar baterai tetap awet selama 24 jam pemakaian adalah tantangan tersendiri. Banyak kalangan yang mencari tahu Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis demi menjaga daya tahan baterai HP agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baterai handphone (HP) cepat habis termasuk permasalahan umum yang sering terjadi pada berbagai jenis ponsel. Kondisi tersebut tentunya memengaruhi performa sehingga kurang efektif. Itulah sebabnya hanphone harus selalu dalam kondisi menyala supaya bisa digunakan kapanpun saat dibutuhkan.

Masalahnya, intensitas penggunaan handphone biasanya berdampak pada kesehatan baterai, sehingga menyebabkan kebocoran alias cepat habis.

Atur kecerahan layar dan refresh rate

Sebagai komponen paling penting dari sebuah HP, layar jadi salah satu yang paling menguras daya baterai. Terlebih dengan fitur seperti refresh rate tinggi, layar semakin boros baterai dibanding biasanya. Cara untuk mengatasi masalah ini tentu mudah saja, kamu hanya perlu mengatur tingkat kecerahan atau bisa juga dengan mengaktifkan “adaptive brightness” untuk kecerahan layar yang disesuaikan secara otomatis. Selanjutnya, atur juga refresh rate ke pengaturan paling rendah yaitu 60Hz, hindari menggunakan live wallpaper dan gunakan wallpaper dengan warna dominan hitam jika layar HP kamu berpanel AMOLED.

See also  During Storm Malik, UK windfarms produced a record quantity of electricity.

Kurangi aplikasi

Aplikasi yang terlalu banyak menjadi salah satu penyebab boros baterai. Oleh karena itu, Anda bisa mulai seleksi kembali aplikasi sesuai kebutuhan. Aplikasi yang kurang penting atau jarang digunakan lebih baik dihapus supaya tidak berpengaruh pada kesehatan baterai.

Nonaktifkan GPS, wifi, dan bluetooth

Fitur GPS, wifi dan bluetooth yang selalu aktif ternyata bisa menguras daya baterai HP menjadi cepat habis. Pastikan menggunakannya hanya di saat-saat tertentu saja.
Penting juga untuk memeriksa apakah ada aplikasi yang menggunakan layanan lokasi atau tidak. Jika ada, segera nonaktifkan dan nyalakan kembali saat dibutuhkan

Aktifkan mode penghemat baterai

Mode power-saving atau penghemat baterai merupakan fitur yang patut dijajal yang dapat memberi daya tahan baterai HP kamu menjadi lebih lama lagi. Dalam beberapa kasus, fitur ini mematikan fitur atau proses latar belakang, namun di satu sisi memastikan HP kamu masih bisa mendapatkan notifikasi pesan atau melakukan panggilan. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini langsung dari menu Quick Settings atau pergi ke Settings > Battery, lalu Battery Saver. Di pengaturan yang sama, kamu juga bisa mengaktifkan Adaptive Battery yang secara garis besar tidak jauh berbeda.

Aktifkan pengaturan baterai

Langkah sederhana pertama yang bisa dilakukan yaitu mengaktifkan pengaturan baterai ponsel. Cara ini berguna untuk mengetahui besaran daya yang terpakai.
Pastikan tidak mengaktifkan semua notifikasi masuk ke ponsel. Sortir jenis pemberitahuan apa saja yang memang hanya diperlukan.

Cek dan setop aplikasi

Smartphone biasanya dibekali dengan sejumlah aplikas, entah bawaan dari sistem atau yang pengguna pasang (install) sendiri. Aplikasi tersebut bisa menyedot baterai jika digunakan terus-menerus. Oleh karena itu, cek aplikasi apa saja yang paling banyak menguras baterai di masing-masing pengaturan ponsel. Pada ponsel berbasis Android, pengguna bisa mengunjungi “Settings” dan pergi ke menu “Baterry & performance” dan pilih “Power usage“. Di pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai.

See also  Online Dating at its Finest

Perlu diingat, masing-masing menu di smartphone mungkin berbeda. Namun, menu yang seirama dengan fungsi baterai di atas agaknya sudah tersedia di kebanyakan smartphone saat ini.

 Jaga suhu ponsel agar tetap dingin

Hindari situasi di mana ponsel Anda dapat menjadi terlalu panas, terutama saat baterai Anda terisi penuh. Baterai Anda lebih cepat habis saat panas, bahkan saat tidak digunakan, suhu ponsel yang panas berpotensi untuk merusak kesehatan baterai.
Selain itu, hindari untuk menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya. Jika tidak, ponsel Anda mungkin terlalu panas karena konsumsi daya yang berlebihan.

Matikan Handphone Jika Tidak Digunakan

Agar baterai handphone Anda tidak cepat habis, anda harus mematikan mode data selulernya ketika sudah tidak digunakan. Hal ini bertujuan supaya terjadi pendinginan pada komponen dan sistem operasi yang ada pada ponsel. Ketika komponen dan sistem operasinya berada dalam kondisi yang dingin, tentu performanya akan sangat bagus saat ingin digunakan kembali.

Airplane mode saat sinyal buruk

Berada di area blind-spot provider seluler kamu, membuat smartphone kamu tidak mendapatkan sinyal. Dalam keadaan seperti ini, secara otomatis smartphone kamu akan terus mencari sinyal. Proses ini sangat menghabiskan baterai, ditambah lagi karena bagian mesin terus bekerja akan menyebabkan panas yang juga menyebabkan baterai panas karena posisi yang berdekatan.

Update sistem operasi

Umumnya, semakin baru versi sistem operasi semakin bagus pula fitur yang diusung. Sejauh ini, versi Android yang semakin baru menjanjikan kinerja yang lebih optimal sekaligus hemat daya baterai. Oleh karena itu, jika HP kamu telah mendapat notifikasi untuk pembaruan sistem operasi, jangan ragu-ragu untuk melakukannya. Apabila tidak ada notifikasi namun kamu ingin mengecek apakah mendapat update atau tidak, kamu bisa langsung pergi ke Settings > System > Advanced lalu cek About phone atau System update. Karena ukurannya cenderung besar, gunakan koneksi Wi-Fi agar tidak boros kuota

See also  Berbagai Macam Tipe Data Beserta Jangkauan Nilainya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.