Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Tertelan duri ikan saat makan ikan tertentu biasa terjadi. Meskipun duri ikan biasanya kecil dan tajam, duri biasanya akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah. Namun, seringkali duri ikan tersangkut di tenggorokan sehingga menimbulkan masalah.
Jika duri ikan tersangkut di tenggorokan, rasanya tidak nyaman. Contohnya rasa sakit yang tajam di tenggorokan, nyeri di leher atau tenggorokan, sulit menelan, hingga batuk. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengeluarkan duri ikan dari tenggorokan. Apa saja caranya?

1. Batuk

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat tersangkut duri adalah dengan sengaja batuk.  Ada beberapa kasus tersangkut duri yang bisa diatasi dengan cara ini. Batuk ternyata bisa mengeluarkan duri di dalam tenggorokan.

2. Minum Air Garam

Air hangat yang dicampur garam bisa membantu Anda mengeluarkan tulang ikan di tenggorokan. Jika duri ikan di tenggorokan berukuran kecil, benda itu akan luruh bersama air garam.

3. Menelan marshmallow

Selain nasi, Anda juga bisa menelan marshmallow sebagai bantuan. Isi mulut Anda dengan beberapa marshmallow. Lalu kunyahlah marshmallow, kemudian telan.
Marshmallow memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur berubah menjadi lengket.
Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan.

4. Makan Pisang

Selain nasi, mengonsumsi pisang juga bisa mengatasi duri ikan yang menyangkut di tenggorokan, lo.
Caranya, potong pisang menjadi beberapa bagian. Lalu, isap dan biarkan pisang menjadi lembap di mulut. Ingat, jangan dikunyah, ya.
Kemudian, telan pisang tersebut secara pelan-pelan. Agar terhindar dari tersedak, siapkan minum segelas air putih.

See also  Bahan Alami untuk Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat

5. Roti dan Selai Kacang

Roti yang dilapisi selai kacang berfungsi untuk mendorong tulang ikan ke dalam perut. Ambilah satu gigitan besar roti dan selai kacang dan biarkan mengumpul di mulut sebelum menelannya dalam satu tegukan besar. Pastikan untuk minum air banyak setelahnya.

6. Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pelumas alami. Jika kamu tidak sengaja menelan duri ikan dan tersangkut di tenggorokan, cobalah minum 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun langsung. Minyak zaitun akan melapisi lapisan tenggorokan dan duri ikan itu sendiri, sehingga membuat kamu lebih mudah mengeluarkannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.