Penyebab Bibir Hitam yang Tidak Banyak Disadari

Penyebab Bibir Hitam yang Tidak Banyak Disadari

 

Memiliki bibir warna merah merona tentu menjadi hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang.Terlebih bibir adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki daya tarik tersendiri. Penyebab bibir hitam dan gelap tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan merokok. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan bibir menjadi kehitaman, mulai dari pola hidup hingga kondisi medis tertentu. Lantas, apa penyebab bibir hitam dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Keseringan terpapar matahari juga memengaruhi warna bibir yang akhirnya berpeluang jadi kehitaman

Penyebab bibir hitam lainnya adalah hiperpigmentasi atau terlalu banyak produksi melanin dalam tubuh sehingga memengaruhi warna kulit, termasuk warna bibir. Nah, kondisi hiperpigmentasi ini terbentuk akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

2. Kafein dan minuman beralkohol

Minuman kafein adalah salah satu penyebab bibir hitam karena zat diuretiknya. Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan dehidrasi karena cairan terus keluar melalui urin. Sama halnya dengan alkohol yang juga bikin dehidrasi. Padahal kalau sudah dehidrasi, bibir jadi pecah-pecah, nggak sehat, dan warnanya berubah jadi lebih gelap.

3. Tidak Menghapus Sisa Lipstik dengan Tuntas

Mungkin kamu jarang menyadari hal ini yang dapat menjadi penyebab bibir hitam. Tidak menghapus sisa lipstik, terutama lipstik matte dengan benar, adalah salah satu penyebab bibir hitam. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar membersihkan sisa lipstik yang masih tertinggal agar tidak menumpuk di kulit bibir. Jika dibiarkan terus-menerus, akan berdampak buruk pada pigmen bibir. Sebaiknya gunakan lipstik dengan kandungan alami yang aman dan menyehatkan untuk bibir.

See also  Cara Mengusir Lalat yang Ampuh dengan Bahan Alami

4. Bibir kering

Bibir sangat mudah mengalami kekeringan. Apabila kondisi ini terus kamu biarkan, maka akan menimbulkan pecah-pecah. Kondisi bibir demikian justru semakin memungkinkan terjadinya perubahan warna, sehingga bibir kamu tampak lebih gelap dari biasanya.

5. Kebiasaan merokok

Hentikan kebiasaan merokok. Tidak hanya memicu munculnya keriput di sekitar bibir dan wajah, kebiasaan merokok dalam jangka panjang juga bisa membuat bibir menjadi kering dan tampak hitam.
Ini karena paparan zat nikotin berlebihan bisa membuat produksi melanin, yaitu zat pemberi warna alami kulit, meningkat sehingga membuat warna bibir menjadi gelap.

6. Penggunaan produk kosmetik yang kedaluwarsa

Penggunaan produk kosmetik, seperti lipstik atau lip balm, juga menjadi penyebab bibir hitam. Lipstik atau lip balm yang sudah kedaluwarsa tentu sudah berkurang kualitasnya sehingga bisa memengaruhi kesehatan bibir. Alhasil, bibir jadi hitam. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum membeli dan menggunakan produk kecantikan bibir ini.

7. Kehamilan

Kehamilan ternyata dapat menjadi penyebab bibir hitam terjadi.Sebagian ibu hamil mengalami perubahan kulit yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh. Bibir, puting payudara, hidung, pipi, dan dahi pun bisa berubah warna menjadi lebih gelap. Namun, umumnya warna kulit dapat kembali seperti semula setelah masa kehamilan berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.