Cara Alami Menghilangkan Milia Bintik Putih di Wajah

Cara Alami Menghilangkan Milia Bintik Putih di Wajah

Bercak putih di kulit, termasuk area wajah, dikenal juga dengan sebutan bercak hipopigmentasi. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang tampak lebih terang atau putih karena kekurangan pigmen melanin. Hipopigmentasi dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari infeksi, iritasi, luka, hingga gangguan autoimun.
Bercak putih adalah lingkaran berwarna putih kecil yang muncul di kulit. Bintik putih yang juga disebut milia ini biasanya akan muncul di hidung, pipi, dan dagu, meskipun juga bisa muncul di tempat lain. Milia sebetulnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terbentuknya lebih banyak milia. Milia ternyata juga dapat mempengaruhi anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

1. Bersihkan area milia atau area bercak

Pastikan Anda mencuci muka dengan sabun lembut bebas paraben setiap hari. Sabun apa pun yang tidak ringan akan menghilangkan minyak yang dibutuhkan wajah agar tetap seimbang dan sehat. Setelah mencuci, tepuk-tepuk kulit Anda agar kering. Ini akan membantu mencegah kulit Anda lecet atau mengering.

2. Jahe

Selain bermanfaat untuk bumbu dapur dan campuran bahan untuk dijadikan minuman penghangat tubuh, ternyata jahe juga dapat menghilangkan bercak putih atau noda putih di wajah lho. Jahe bisa secara efektif menghilangkan noda putih di wajah khususnya noda putih yang timbul karena paparan sinar matahari.

See also  19 Sistem Menghilangkan Jerawat Secara Natural dan Cepat, Dijamin Ampuh

3. Vitamin E oil

Dalam vitamin E terdapat antioksidan yang sangat baik untuk memperbaiki kulit yang rusak karena bintik-bintik putih yang disebabkan oleh paparan sinar UV dari matahari. Selain itu vitamin E juga bisa melembabkan kulit sehingga warna kulit bisa kembali normal dan merata.

4. Lengkuas dan Garam

Cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat dan mudah selanjutnya bisa menggunakan lengkuas dan garam. Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi bakteri serta jamur.
Lengkuas juga sudah sering digunakan dari dulu untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu.
Cara menghilangkan panu dengan lengkuas dan garam:

  • Ambil satu lengkuas untuk dibelah dan gunakan segi belahan lengkuas itu untuk digosokan pada panu.
  • Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa menaburkan sedikit garam di bagian luar belahan lengkuas tadi.
  • Gosok kulit yang terserang panu sampai kulit agak memerah dan terasa pedih.
  • Lakukan sebanyak tiga kali dalam satu hari agar panu menghilang dengan cepat.

5. Oleskan masker madu

Madu dapat membantu mengurangi peradangan. Bakteri dan peradangan menyebabkan iritasi kulit, jadi masker madu dapat membantu mengurangi milia Anda. Satu studi klinis menunjukkan bahwa madu yang dicampur dengan ekstrak kulit kayu manis sangat efektif dalam memerangi bakteri penyebab jerawat. Milia memang biasanya tidak disebabkan oleh bakteri, tetapi masker madu dengan ekstrak kayu manis mungkin masih memperbaiki penampilan kulit Anda. Cara membuat masker campuran madu dan ekstrak kayu manis: Campurkan tiga atau empat sendok makan madu dengan sekitar satu sendok makan kayu manis. Hangatkan campuran selama sekitar 30 detik. Oleskan lapisan tipis campuran ke wajah Anda Rasakan efek menenangkan hingga 10 menit sebelum dibilas.

See also  Time Forgot: Time Forgot: Time Forgot: Time Forgot: Time Forgot: Time Forgot: Time Forgot: Time

6. Jeruk Nipis dan Belerang

Cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat dan mudah selanjutnya dapat diterapkan menggunakan jeruk nipis dan belerang. Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral pada belerang dapat ampuh membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.
Cara menghilangkan panu dengan jeruk nipis dan belerang:

  • Tumbuk halus belerang secukupnya dan campur dengan perasan air jeruk nipis.
  • Lalu, aduk hingga rata, dan segera oleskan pada bagian kulit yang terkena panu.
  • Lakukan cara ini 2-3 kali sehari secara teratur. Panu akan menghilang dengan cepat.

7. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga dapat menjadi pilihanmu untuk menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya mampu membantu untuk membasmi panu yang mengganggu.
Cara menggunakannya: Potong belimbing wuluh dan usapkan bagian yang dipotong pada bagian yang terkena infeksi. Usap selama 5 menit dan biarkan mengering.

8. Lengkuas

Cara menghilangkan panu juga bisa dengan menggunakan lengkuas. Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid yang mampu mengatasi bakteri dan jamur.
Cara menggunakannya: Belah lengkuas kemudian sisi belahan tersebut digosokkan pada area panu. Gosok kulit hingga sedikit memerah dan mulai terasa pedih.

9. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk menghambat penyebaran infeksi.
Cara menggunakannya: Gunakan tetesan tea tree oil pada area panu. Kamu dapat mencampurkan tea tree oil dengan menambahkan minyak zaitun. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Minyak zaitun yang dicampurkan madu dapat menjadi komponen yang pas untuk membasmi bakteri dan jamur.
Cara menggunakannya: Campurkan minyak zaitun dan madu dan oleskan pada area panu. Lakukan hal ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

See also  Pelajari Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang di Sini

11. Cuka Apel

Cuka apel dapat kamu gunakan untuk membantu menghilangkan panu. Di dalam cuka apel terdapat kandungan antimikroba yang bisa membantu meredakan infeksi jamur di kulit.
Cara menggunakannya: Oleskan cuka apel pada area yang terinfeksi jamur. Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai pengganti salep dan lakukan 3 kali sehari

Itulah cara cara menghilangkan panu yang bisa kamu lakukan. Sebelum munculnya panu yang dapat mengganggu penampilan, kamu dapat mencegahnya dengan tetap menjaga kebersihan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.