Ketahui Cara Cepat Menurunkan Kolesterol di Sini

Ketahui Cara Cepat Menurunkan Kolesterol di Sini

Kolesterol merupakan zat lilin yang dibutuhkan tubuh, yang diproduksi oleh hati sehingga seseorang tidak perlu mengonsumsi kolesterol dalam makanannya. Kolesterol itu sendiri tidak buruk. Kolesterol dalam darah memainkan peran penting dalam membantu membangun sel.
Akan tetapi, memiliki kolesterol yang terlalu tinggi bisa menjadi faktor risiko penyakit serius, seperti gagal jantung dan stroke.
Untungnya, risiko itu dapat dikendalikan. Dengan menurunkan kolesterol LDL “jahat” dan meningkatkan kolesterol HDL baik. Pada dasarnya, cara cepat menurunkan kolesterol yang paling efektif adalah dengan menggunakan obat-obatan penurun kolesterol. Namun, ada juga beberapa cara alami yang dinilai dapat menurunkan kolesterol dengan cepat, yaitu:

1. Apel, anggur, stroberi, jeruk

Buah-buahan itu mengandung pektin yang sangat tinggi. Pektin merupakan sejenis serat larut yang dapat menurunkan LDL.

2. Ikan berlemak

Konsumsi ikan sebanyak 2-3 kali seminggu juga dapat menurunkan LDL. Hal ini dapat menjadi pengganti daging yang memiliki lemak jenuh penambah LDL.  Salah satunya ikan yang mengandung omega 3, karena dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan menjaga kesehatan jantung.

3. Batasi asupan lemak

Lemak adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika Anda memiliki kolesterol tinggi, hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
Oleh sebab itu, mulailah membatasi asupan tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan cepat saji, mentega, gorengan, dan aneka bolu dan kue.

See also  The attorney general of Missouri has filed nine more anti-mask lawsuits against school districts.

4. Tambahkan asupan serat

Makanan tinggi serat seperti oatmeal, kacang-kacangan, apel, pir, brokoli kaya akan serat larut yang bisa mencegah penyerapan kolesterol dalam darah. Studi menunjukkan, orang dewasa yang makan serat 35 sampai 40 gram setiap hari kadar kolesterolnya lebih terkontrol.

5. Tambahkan lebih banyak makanan nabati

Menambahkan berbagai makanan nabati ke dalam makanan membantu memastikan bahwa tubuh mendapatkan berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk beroperasi dengan baik. Makanan nabati juga bebas kolesterol, sehingga tidak akan berkontribusi terhadap kadar kolesterol dalam tubuh.
Selain itu, makanan nabati mengandung nutrisi yang dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung lainnya, seperti antioksidan dan beberapa jenis serat.

Di luar pola makan dan faktor gaya hidup, terkadang penyebab kolesterol tinggi juga bisa berasal dari kondisi medis tertentu atau faktor genetikan. Segera rencanakan program untuk menurunkan kolesterol dengan pengobatan yang tepat sesuai arahan dokter. Rencana pengobatan ini biasanya disesuaikan dengan faktor risiko penderita; seperti usia, gaya hidup, riwayat kesehatan, pola makan, olahraga, berat badan, sampai kebiasaan merokok.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.