Anggur Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah

Anggur Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Kolesterol adalah lemak seperti lilin yang diproduksi oleh hati. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk memproduksi sel-sel sehat dan sejumlah hormon. Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan.

Sebuah studi mengungkapkan makan anggur menurunkan kadar kolesterol yang dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Para peneliti di California memberi peserta 46 gram bubuk anggur utuh per hari, setara dengan dua porsi anggur. Hasilnya, mengkonsumsi anggur secara signifikan meningkatkan keragaman bakteri dalam usus, yang dianggap penting untuk sistem kekebalan yang kuat, para ahli menemukan.

Bahkan, ada buah yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung, seperti anggur.

Menurut laporan StudyFinds.org, sebuah studi yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles, buah anggur sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.  Hal ini otomatis membuat anggur dapat menurunkan risiko penyakit jantung.  Untuk mendapatkan temuan ini, para peneliti memantau 19 orang berusia antara 21 hingga 55 tahun yang terbiasa mengonsumsi sekitar 40 anggur setiap harinya.  Selain anggur, para partisipan diketahui memiliki kebiasaan diet rendah serat dan bahan kimia nabati, baik sebelum dan selama uji coba berlangsung.  Hasilnya, para peneliti pun menemukan bahwa konsumsi anggur selama empat minggu saja rupanya dapat membuat kesehatan seseorang meningkat, meski para partisipan bukanlah orang yang makan buah dan sayuran secara teratur.  Selain itu, keragaman mikrobioma atau komunitas bakteri baik yang hidup di usus menjadi lebih tinggi.

Nah, di antara berbagai bakteri baik yang meningkat itu, ada Akkermania, bakteri yang membantu membakar gula dan kolesterol, serta memperkuat lapisan usus.  Selain itu, anggur juga mengandung antioksidan penting yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.  “Kami menemukan bahwa anggur memiliki efek menguntungkan pada bakteri usus, yang merupakan berita bagus, karena usus yang sehat sangat penting untuk tubuh,” kata peneliti utama studi Profesor Zhaoping Li dalam sebuah pernyataan.  Menurut Li, studi ini memperdalam pengetahuan para peneliti akan manfaat kesehatan buah anggur, terutama untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan kolesterol.  Selain itu, kadar asam empedu, yang memicu kolesterol jahat dalam darah partisipan pun turun lebih dari 40 %.

See also  Penyebab Hipertensi dan Kombinasi Obat Hipertensi

Kolesterol jahat dan asam empedu ini dapat menyebabkan gumpalan yang menyumbat pembuluh darah dan memotong aliran darah ke jantung atau otak, sehingga mengakibatkan serangan jantung atau stroke yang dapat menjadi penyebab utama kematian terbesar di dunia. Jadi, kamu bisa mengonsumsi anggur jika ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Leave a Reply

Your email address will not be published.