Cara Agar Bisul Cepat Pecah, Yuk Coba!

Cara Agar Bisul Cepat Pecah, Yuk Coba!

Biar Cepat Sembuh Bisul Sebaiknya Dipecahkan, Benarkah?

 

Kehadiran bisul seringkali bikin tidak percaya diri. Sebab, infeksi kulit akibat bakteri tersebut tidak hanya menimbulkan warna merah pada kulit, benjolan yang berisi nanah di bagian bawah kulit tersebut sering menyakitkan dan tumbuh semakin besar.  Apalagi bisul cenderung muncul di wajah, leher, bahu, ketiak, dan pantat. Jadi sangat mengganggu .

Ayo ngaku, siapa yang hobi memencet-mencet bisul hingga pecah? Jika kamu termasuk yang suka memecahkan bisul, sebaiknya hentikan kebiasaan ini, ya. Sebab, alih-alih sembuh, kebiasaan ini malah dapat memicu penyebaran infeksi. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa bisul adalah benjolan merah pada kulit yang berisi nanah, dan terasa sakit ketika dipegang. Benjolan tersebut muncul akibat adanya infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut, yaitu lubang tempat tumbuhnya rambut.

Melansir Mayo Clinic, kebanyakan bisul disebabkan oleh Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan di kulit dan di dalam hidung.  Benjolan terbentuk saat nanah terkumpul di bawah kulit. Bisul terkadang juga dapat berkembang di tempat-tempat di mana kulit telah rusak oleh cedera kecil atau gigitan serangga, yang membuat bakteri Staphylococcus aureus mudah masuk.  Bila seseorang berkali-kali dihinggapi bisul atau sekaligus dalam jumlah besar, ada kemungkinan terdapatnya penyakit sebagai penyebab infeksi, seperti penyakit diabetes mellitus.
Namun,  tidak perlu khawatir, ada cara agar bisul cepat pecah dengan bahan alami yang ada di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana.

See also  Manfaat Jus Tomat, Bantu Diet hingga Jaga Kecantikan Kulit

Apa saja cara agar bisul cepat pecah? Yuk cari tahu di bawah ini .

1. Kompres air hangat

Salah satu cara mengobati bisul yang tepat yaitu mengompresnya dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pecahnya bisul. Mengompres bisul dengan air hangat bisa mengurangi nyeri sekaligus mengumpulkan nanah di puncak bisul.
Siapkan air hangat suam-suam kuku dan handuk bersih. Celupkan handuk ke dalam air hangat dan peras hingga kering, kemudian letakkan di area yang bisul selama 10 menit beberapa kali sehari sampai bisul pecah.

2. Oleskan Alkohol Sekitar Bisul

Seka seluruh permukaan kulit setiap hari selama seminggu dengan isopropil alkohol 70% dalam air akan membuat kulit kering dan cara agar bisul cepat pecah. Setelah itu, oleskan salep antibiotik setidaknya dua kali sehari sampai bisulnya hilang.
Cuci tangan secara teratur untuk mengurangi kemungkinan untuk orang lain terinfeksi kembali dengan tangan yang terkontaminasi.

3. Perhatikan kebersihannya

Cara mengobati bisul agar cepat kempes berikutnya yaitu dengan memerhatikan kebersihannya. Bersihkan area sekitar bisul dengan sabun antibakteri jika keluar nanah

4. Gunakan minyak pohon teh (tea tree oil)

Melansir Health Line, minyak atsiri pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul.  Minyak pohon teh tidak boleh dioleskan langsung ke kulit, karena dapat memiliki efek terbakar.  Campurkan lima tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh kelapa atau minyak zaitun.  Masukkan minyak pohon teh yang sudah diencerkan ke kapas dan oleskan ke daerah kulit yang muncul bisul 2-3 kali sehari.  Lakukan langkah ini setiap hari sampai bisul “matang”, pecah, dan benar-benar hilang.

See also  Cara Mengatasi Diare yang Tepat di Rumah

5. Kunyit

Tumbuhan lain yang juga memiliki kandungan antibakterial adalah kunyit. Dilansir dari Healthline, selain memiliki kemampuan membunuh bakteri, kunyit juga mengandung zat anti-inflamasi. Kedua kandungan inilah yang membuat kunyit dipercaya mampu membantu menyembuhkan bisul dan menyusutkannnya dengan cepat. Kunyit telah digunakan sebagai pembersih darah alami selama ribuan tahun dalam pengobatan di negara-negara Timur.

6. Bawang

Bawang yang memiliki sifat antimikroba membuatnya menjadi pengobatan alami yang efektif dalam cara agar bisul cepat pecah.
Ketika dicincang, bawang melepaskan senyawa yang bersifat antiseptik, menambah efisiensinya sebagai obat rumahan untuk pengobatan bisul.
Bisa pula menggunakan bawang putih. Caranya, bawang diiris tebal kemudian dibungkus kain kasa dan diletakkan di atas bisul atau luka selama 1 jam sekali atau dua kali sehari.

7. Garam Epsom

Garam epsom tidak hanya efektif digunakan untuk relaksasi. Garam ini juga bemanfaat untuk kesehatan, termasuk cara agar bisul cepat pecah.
Garam epsom dapat membantu mengeringkan nanah, dengan demikian bisul mengering.
Larutkan garam epsom dalam air hangat, kemudian kompreskan ke area bisul. Lakukan langkah tersebut selama 20 menit, setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.

8. Pergi ke dokter

Jika bisul semakin parah dan terasa nyeri, disarankan untuk minum obat pereda sakit (analgesik) seperti parasetamol. Namun, jika bisul sudah bertambah besar dan semakin parah bahkan mulai mengganggu keseharian, maka segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara mengobati bisul secara tepat. Meski bukan tergolong penyakit yang serius, mengatasi bisul juga tidak boleh sembarangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.