Ragam Pengobatan untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Ragam Pengobatan untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Ada beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala berupa anyang-anyangan, antara lain infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, batu ginjal, radang prostat, kram otot kandung kemih, hingga penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia. Pada wanita, keluhan sering anyang-anyangan juga bisa jadi disebabkan oleh diabetes.

Beberapa orang menyebut rasa terus menerus ingin buang air kecil yang seolah tak pernah tuntas sebagai salah satu gejalanya.
Sama seperti gejala buang air kecil terus menerus, penyakit anyang-anyangan juga bisa timbul karena adanya infeksi di saluran kencing. Dalam bahasa medis, anyang-anyangan berarti menunjukan ada infeksi di saluran kemih. Walaupun bisa juga terasa karena kamu sedang sensitif pada bahan kimia tertentu, mengalami kista ovarium, sampai batu ginjal.
Meskipun menimbulkan nyeri yang mengganggu saat buang air kecil, anyang-anyangan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, anyang-anyangan yang disebabkan oleh suatu penyakit terkadang perlu diatasi dengan obat tertentu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan penyebab anyang-anyangan dan mencegahnya muncul kembali.

Namun, jika kondisinya tak terlalu parah, kamu bisa mencoba meredakannya dengan cara mengatasi anyang anyangan berikut ini.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Pertama, cara mengobati anyang-anyangan secara alami dan cepat yang dapat kamu segera lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Kamu perlu meminum banyak air putih untuk memperlancar pembuangan urine sekaligus menghindari dehidrasi.
Ketika kamu dehidrasi, jumlah air yang bisa dikeluarkan melalui urine akan berkurang. Kondisi ini memaksa kandung kemih bekerja ekstra sehingga menimbulkan iritas, yang selanjutnya meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.
Asupan air putih yang banyak akan membilas bakteri yang terdapat dalam urine. Bakteri ini perlu dibersihkan agar infeksi tidak semakin parah. Kamu perlu minum setidaknya 8 gelas setiap harinya.

See also  Manfaat Kangkung bagi Tubuh, Baik untuk Sistem Imun

2. Jangan Menunda Buang Air Kecil

Menunda buang air kecil adalah kebiasaan buruk yang sangat merugikan. Kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan terjadinya infeksi serius pada kandung kemih. Dampak kebiasaan buruk ini juga yang turut menjadi salah satu penyebab kamu mengalami anyang-anyangan.
Semakin sering menunda buang air kecil, semakin parah pula gangguan anyang-anyangan yang kamu rasakan.
Jadi cara mengatasi anyang-anyangan yang paling tepat adalah dengan tidak menunda-nunda buang air kecil.

3. Kompres hangat

Memberikan kompres pada area perut bagian bawah dengan handuk yang telah direndam air hangat juga bisa menjadi cara untuk meringankan anyang-anyangan. Lakukan selama 15 menit, sebanyak 3-4 kali sehari, hingga anyang-anyangan terasa membaik.

4. Membatasi makanan yang mengiritasi kandung kemih

Makanan memang tidak langsung menyebabkan anyang-anyangan, tapi beberapa di antaranya dapat mengiritasi dinding kandung kemih. Guna mengatasi anyang-anyangan secara alami, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi:
– buah-buahan masam seperti jeruk, lemon, dan limau,
– makanan pedas,
– produk-produk berbahan tomat, dan
– cokelat.

Batasi konsumsinya selama satu pekan pertama. Bila gejala anyang-anyangan sudah membaik, Anda baru boleh mengonsumsinya lagi sedikit demi sedikit. Cukup konsumsi seperlunya dan pastikan tidak berlebihan.

5. Rebus buah sirsak

Mengonsumsi buah sirsak termasuk salah satu cara mengatasi anyang-anyangan dengan cepat yang tak boleh dilewatkan.
Berdasarkan sebuah penelitian, sirsak merupakan sumber antioksidan, fosfor dan kalsium yang mampu memulihkan infeksi pada saluran kemih akibat anyang-anyangan. Cara mengolah sirsak untuk mengobati anyang-anyangan juga sangat mudah, yakni sebagai berikut:
– Rebus buah sirsak dengan dua gelas air
– Tambahkan gula pasir secukupnya
– Saring lalu minum 2 kali dalam sehari

6. Meminum Air Seduhan Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing juga bisa jadi obat anyang anyangan yang ampuh . Tanaman obat keluarga ini sudah terbukti berkhasiat dan sering diolah menjadi berbagai jenis obat herbal alami. Tentu, daun kumis kucing bisa jadi alternatif cara mengatasi anyang anyangan secara alami.
Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyeduh daun kumis kucing kering dengan air panas.

See also  Rutin Konsumsi Makanan Ini, Kesehatan Mata Pasti Terjaga!

7. Membatasi minuman berkafein dan alkohol

Minuman berkafein dan alkohol bersifat diuretik. Kedua minuman ini menambah volume urine normal yang dihasilkan oleh ginjal. Secara teori, minuman diuretik semestinya membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kemih karena Anda lebih sering buang air kecil.
Namun, diuretik memaksa lebih banyak cairan keluar dari tubuh sehingga Anda rentan terkena dehidrasi. Minuman ini juga memperparah kondisi orang-orang yang tidak bisa menahan kencing, misalnya penderita kandung kemih overaktif dan inkontinensia urine.

8. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman

Bakteri tumbuh subur di area yang lembap dan hangat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari menggunakan skinny jeans atau celana ketat, setidaknya sampai anyang-anyangan hilang. Sebagai gantinya, kenakan rok atau celana yang longgar, dan kenakan pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu, sirkulasi udara di area sensitif akan terjaga, sehingga pertumbuhan bakteri berkurang.

 

Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published.