Cara Tidur Cepat yang Ampuh, Cuma Butuh 30 Detik

Cara Tidur Cepat yang Ampuh, Cuma Butuh 30 Detik

Tidur cukup merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Sayangnya, beberapa orang mengalami masalah kesulitan tidur yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Ada sejumlah cara tidur cepat 30 detik yang mungkin bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat, terutama jika mengalami gangguan tidur insomnia. Beberapa orang sudah berusaha berdiam di tempat tidur sesuai dengan jadwal seharusnya. Namun tetap saja mata sulit terpejam, sehingga akhirnya malah terjaga-jaga hingga berjam-jam.

Oleh sebab itu, kita perlu memahami benar cara terbaik agar bisa tidur lebih cepat. Meskipun waktu tidur yang dimiliki, kita bisa memaksimalkannya untuk memenuhi kebutuhan istirahat. Sebaiknya pilih metode yang lebih aman dan tentu saja bebas risiko.

Cara agar tidur cepat dalam 30 detik
Sebuah tinjauan ilmiah menyebutkan bahwa 1 dari 5 orang mengeluhkan susah tidur alias insomnia. Padahal, tidur malam yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.
Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan cara tidur cepat 30 detik berikut ini.

1. Metode Militer Untuk Tidur Cepat

Metode militer untuk tidur dikembangkan dalam buku berjudul “Relax and win: Championship performance” karya Lloyd Winter. Metode ini digunakan dalam praktik militer di Amerika Serikat.
Dengan mempraktekkan metode ini, Anda bisa tidur dalam waktu sekitar 2 menit dan paling cepat 10 detik. Berikut caranya:

– Kencangkan otot-otot wajah kemudian kendorkan.
– Buat lidah di dalam mulut jadi rileks.
– Tempatkan bahu di lantai dan biarkan lengan tangan menjuntai longgar di sisi-sisi tubuh Anda.
– Tarik dan buang napas dengan kecepatan normal.
– Buat bagian dada Anda lebih rileks.
– Lakukan relaksasi pada bagian paha dan kaki bagian bawah.
– Tenangkan pikiran seperti Anda sedang menjernihkan pikiran, biarkan pikiran yang datang dan pergi tanpa harus menghakimi dan memikirkannya lebih dalam.
– Bayangkan pemandangan yang menyenangkan dan menyejukkan seperti langit biru, tempat tidur yang dikelilingi pohon-pohonan nyaman atau bayangan lainnya yang membuat Anda rileks.
– Bayangkan adegan yang membuat jiwa Anda lebih tentram.

See also  Cara Alami Agar Mentruasi Cepat Datang

Lakukan langkah-langkah tersebut secara berulang.

2. Berbaring menyamping

Salah satu cara tidur cepat 30 detik bisa dengan berbaring menyamping.
Memang, setiap orang mungkin memiliki posisi tidur favoritnya masing-masing. Ada yang suka tidur telentang, menyamping, atau tengkurap. Pilihlah yang paling membuat Anda merasa nyaman.
Namun, penelitian dari The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice mengatakan bahwa posisi terbaik untuk tidur yang lebih cepat, sehat, dan berkualitas adalah menyamping.

3. Metode “4-7-8”

Cara tidur cepat 30 detik berikutnya adalah metode “4-7-8”.
Metode “4-7-8” adalah teknik pernapasan yang diklaim cukup efektif untuk membantu seseorang tidur lebih cepat.
Bagaimana cara melakukan metode “4-7-8”? Berikut langkah-langkahnya:

– Baringkan tubuh di atas tempat tidur.
– Letakkan ujung lidah di langit-langit mulut, dan di belakang dua gigi depan. Jaga agar lidah tetap dalam posisi tersebut
– Biarkan bibir sedikit terbuka dan mengeluarkan suara mendesing saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut.
Tutup bibir Anda dan tarik napas tanpa suara melalui hidung, lalu hitung sampai 4.
Kemudian, tahan napas selama 7 detik.
Setelah itu, buang napas secara perlahan selama 8 detik.
Ulangi sebanyak 4 kali sampai tubuh terasa rileks dan rasa kantuk muncul.

4. Progressive muscle relaxation (PMR)

Progressive muscle relaxation (PMR) adalah teknik relaksasi otot yang juga menjadi cara efektif supaya cepat tidur dalam waktu 30 detik.
Metode PMR sangat direkomendasikan bagi Anda yang memang mengidap insomnia jangka panjang. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:
Angkat alis Anda selama 5 detik untuk mengencangkan otot dahi. Setelah itu, turunkan alis ke posisi semula.
Selanjutnya, tersenyumlah untuk mengencangkan otot-otot pipi. Tahan selama 5 detik, kemudian kembalikan ke posisi semula.
Tutup kelopak mata, kemudian julingkan kedua bola mata selama 5 detik. Setelah itu, buka mata dan beri jeda 10 detik sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
Tengadahkan kepala sedikit ke belakang agar Anda dapat melihat langit-langit kamar dengan nyaman. Tahan 5 detik, lalu turunkan kepala ke posisi awal.
Cara supaya cepat tidur tersebut seharusnya bisa membuat Anda mengantuk dan tidur dalam waktu 30 detik atau bahkan kurang dari itu.

See also  Tips Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

5. Mendengarkan musik

Cara cepat tidur 30 detik juga bisa dilakukan dengan mendengarkan musik.
Alunan irama musik yang menenangkan menurut sejumlah penelitian dapat membantu seseorang bisa tertidur dengan cepat.
Selain itu, penelitian di The Journal of Alternative and Complementery Medicine tahun 2014 mengatakan jika musik membuat seseorang tidur lebih nyenyak.
Hampir semua komposisi musik memang memiliki durasi lebih dari 30 detik. Namun, bukan tidak mungkin Anda akan langsung tertidur saat musik yang didengarkan baru memasuki detik ke-30.

Leave a Reply

Your email address will not be published.