Cara Mengunduh Video Dengan Menggunakan  Game Bar pada Windows

Cara Mengunduh Video Dengan Menggunakan  Game Bar pada Windows

 

1. Kenali batasan yang ada pada prosedur perekaman layar.

Prosedur ini yakni solusi untuk mendownload video yang diproteksi (mis. tayangan dari Netflix). Game Bar juga akan merekam pergerakan kursor dan jendela pop-up yang muncul, serta buffering yang mungkin terjadi pada cara kerja pemutaran video. Anda juga perlu berlangganan layanan streaming konten yang bersangkutan untuk mengakses video yang diharapkan.
Kecuali itu, perlu diingat bahwa merekam video dari layanan streaming berbayar yakni pelanggaran ketentuan penggunaan pada penyedia layanan yang bersangkutan. Prosedur ini juga mungkin dianggap ilegal di negara Anda.

2. Download dan pasang Mozilla Firefox.

Sebagian besar layanan streaming video seperti Netflix dan Hulu memakai proteksi hak cipta pada konten-kontennya. Ketika mencoba menangkap atau merekam layar pada layanan-layanan hal yang demikian, Anda dapat mengamati halaman atau jendela berwarna hitam ketika menonton video yang direkam. Untuk mengakalinya, Anda perlu memakai Firefox sebagai peramban ketika menjalankan streaming video. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendownload dan memasang Firefox:

  • Kunjungi https://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/?redirect_source=firefox-com
  • Klik “Download Firefox”.
  • Buka berkas pemasangan pada peramban atau folder “Downloads”.
  • Klik “Yes”.

3. Buka Firefox.

Peramban ini ditandai oleh ikon berwarna oranye dan ungu yang kelihatan seperti rubah berbentuk api. Klik ikon Firefox pada menu “Start” untuk membuka peramban.

See also  Cek tagihan listrik dapat membantu kamu memperkirakan berapa biaya yang perlu dikeluarkan.

4. Kunjungi web web streaming video dan masuk ke akun.

Masukkan domisili web streaming seperti Netflix, Hulu, atau layanan serupa pada peramban. Setelah itu, masuk ke akun memakai nama pengguna dan kata sandi yang terhubung.

5. Tekan ⊞ Win+G.

Game Bar bawaan Windows akan ditampilkan.

Anda dapat memakai bilah ini untuk merekam tangkapan layar.

6. Klik menu gawit (widget).

Menu ini ditandai oleh ikon empat baris dengan empat titik di sampingnya. Anda dapat memandangnya di bagian atas bilah permainan.

7. Klik Capture.

Tombol kendali perekam/penangkap layar akan ditampilkan.

8. Klik tombol \Record\.

Tombol ini memiliki lingkaran dan ditampilkan di panel kendali perekam. Setelah itu, cara kerja perekaman layar akan diawali. Anda dapat mengamati penghitung waktu dan tombol henti pada panel terpisah di sisi kanan.

9. Putar video.

Gunakan antarmuka web pada Firefox untuk mengakses dan mengeklik video yang mau ditonton. Klik tombol putar pada video untuk memainkannya. Game Bar akan merekam video sementara video diputar.
Usahakan tidak ada jendela atau gangguan lain yang muncul di layar ketika video diputar. Game Bar akan turut merekam jendela lain yang terbuka, serta pergerakan kursor tetikus dan suara dari aplikasi lain.

10. Klik tombol \”Berhenti\”.

Tombol berwarna merah ini berada di samping panel yang memuat penghitung waktu. Rekaman video akan disimpan. Menurut pengontrolan bawaan, tangkapan/rekaman video dapat Anda peroleh pada subfolder “Capture ” di dalam folder “Videos”.
Seandainya Anda tidak mengamati tombol “Berhenti ” di sisi layar, tekan  “Win” + “G ” untuk menunjukkan kembali Game Bar. Klik tombol rekam pada bilah penangkap untuk memuat tombol henti (“Berhenti”).

See also  Cara Membuat Pengingat di Android Cepat dan Mudah

Untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik, Anda direkomendasikan menjalankan uji rekaman video singkat. Seandainya semuanya sudah pantas keinginan, Anda dapat merekam film atau acara layar kaca dalam durasi komplit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.