“Cara Membuat Channel YouTube dan Tips Membuat Nama Channel yang Keren”

“Cara Membuat Channel YouTube dan Tips Membuat Nama Channel yang Keren”

 

Cara membuat channel youtube sebenarnya mudah untuk dilakukan serta tak menguras banyak waktu. Saat ini setiap orang pasti kenal dengan yang namanya Youtube, yang merupakan situs berbagi video dengan skala terbesar yang ada di dunia. Di situs ini akan dapat kamu temukan berbagai video apa saja yang kamu inginkan.

Syarat utama ketika ingin menjadi YouTuber yaitu memiliki channel YouTube. Cara membuat channel YouTube sangat mudah, Anda bisa menggunakan HP atau PC.

Banyak orang ingin mengetahui cara membuat channel YouTube. Media sosial ini memang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang dirangkum dalam databoks pada Januari 2021, sebanyak 94% masyarakat Indonesia mengakses YouTube di waktu tersebut.

Tak sedikit juga orang yang memilih menjadi Youtuber sebagai jalan untuk salurkan kreativitas. Youtube saat ini telah berubah arah dan jadi potensi bisnis yang menggiurkan. Banyak ide kreatif yang dapat diunggah di Youtube. Konten hobi, vloging, ulasan, hingga informasi penting lainnya dapat dibagikan di Youtube.
Seiring berjalannya waktu YouTube bertransofrmasi bukan hanya menjadi media hiburan namun juga industri yang menjanjikan. Banyak content creator sukses yang mendapatkan penghasilan di platform tersebut. Tawaran sukses yang diberikan YouTube menjadikan banyak orang ingin menjadi YouTuber

Hampir sepertiga dari 3000 anak berusia 8 – 12 tahun di Amerika Serikat dan Cina bercita-cita ingin menjadi YouTuber saat dewasa.

See also  Metode Aktifkan Dark Mode Instagram di iOS & Android, Nyaman di Mata

Cara Membuat Channel YouTube Untuk menjadi YouTuber yang sukses, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memiliki channel YouTube sebagai tempat berkarya. Cara membuat channel YouTube sebenarnya tidak sulit. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini cara untuk membuat channel YouTube dari handphone atau PC.

Cara Buat Channel YouTube di Handphone

  1. Buka aplikasi YouTube di smartphone.
  2. Kemudian masuk dengan menggunakan akun Google yang Anda miliki. Bagi pengguna Android tidak perlu login karena sudah terintegrasi, cukup klik ikon akun yang di pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya pilih menu You Channel. Setelah menu pop up muncul, Anda bisa mengisi nama channel.
  4. Lalu klik ‘Create Channel.
  5. Terakhir, ubah foto profil, deskripsi channel, dan tambahkan informasi penting lainnya seperti tautan ke media sosial lain yang Anda miliki.

Cara Bikin Channel YouTube di PC

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu laman youtube.com di browser.
  2. Kemudian login menggunakan akun Google yang Anda miliki.
  3. Berikutnya klik opsi Akunmu.
  4. Langkah selanjutnya Anda bisa memilih menu Buat Channel atau Create a new channel.
  5. Menu pop up akan muncul, dan Anda bisa memilih nama channel sesuai akun Google atau membuat secara custom.
  6. Ceklis bagian syarat dan ketentuan. Lalu klik Buat.
  7. Setelah channel selesai dibuat, Anda bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan tautan ke sosia media lain.
  8. Kini Anda sudah bisa mengunggah video ke channel tersebut.

Proses Upload Video ke Youtube Melalui PC

Setelah kita mengetahui cara membuat channel Youtube melalui media PC ataupun ponsel, ada baiknya kita juga mengetahui proses upload video ke Youtube melalui PC.

Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Di bagian atas halaman, klik ikon Upload Video. Pilih Upload video.
  2. Sebelum mulai mengupload video, kamu dapat memilih setelan privasi video. Pilih video yang ingin diupload dari komputer.
  3. Kamu juga dapat mengimpor video dari Google Foto.
  4. Saat video diupload, kamu dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut, serta menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak. Jika kamu menghapus centang opsi ini, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi.
  5. Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Kamu juga dapat menyesuaikan setelan Monetisasi.
  6. Klik Publikasikan untuk menyelesaikan proses upload video publik ke YouTube. Jika kamu mengatur setelan privasi video ke Pribadi atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload, atau klik Bagikan untuk berbagi video secara pribadi.
  7. Jika kamu belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Kamu dapat mempublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.
See also  After developing new legs on frogs, an Algoma scientist has stepped into the limelight throughout the world.

Cara Upload Video ke Youtube Melalui Ponsel

  1. Tap ikon kamera di bagian atas halaman beranda dari halaman navigasi mana saja.
  2. Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload.
  3. Untuk merekam video baru: Tap ikon kamera video dan mulailah merekam. Untuk memilih video yang sudah ada: Gunakan galeri untuk memilih video.
  4. Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap Berikutnya.
  5. Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.kemudian tap Upload.
  6. Kamu juga dapat mengubah jenis koneksi yang digunakan untuk mengupload video. Caranya adalah buka ikon akun. Tap Setelan> Umum> Upload.
  7. Gunakan pengaturan ini untuk membatasi upload melalui Wi-Fi saja.
  8. Terkadang Youtube akan mulai mengupload video saat kamu sedang merekam video tersebut. Namun YouTube tidak pernah mempublikasikan video tanpa persetujuan kamu.

Tips Membuat Nama Channel YouTube Keren

Selain konten, hal lain yang bisa mendatangkan penonton di YouTube yaitu nama channel yang Anda buat. Untuk Anda yang ingin memiliki nama channel YouTube keren berikut beberapa tipsnya:

1. Menggunakan nama yang sesuai dengan konten

Pilihan nama untuk saluran YouTube bisa diadopsi dari isi konten tersebut. Hal ini bertujuan akan penonton bisa langsung mengetahui jenis konten yang tersedia di channel tersebut. Misalnya channel Anda mengulas tentang dunia pendidikan, maka Anda bisa menggunakan unsur pendidikan dalam nama saluran tersebut. Contohnya; Nucleus Medical Media, Free Animal Education, Amoeba Sisters, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan nama sendiri

Cara untuk membuat nama channel YouTube keren lainnya yaitu dengan menggunakan nama sendiri. Dengan menggunakan nama sendiri, maka saluran yang Anda miliki akan berbeda dengan milik orang lain. Contoh saluran populer juga mengadopsi dari nama pemiliknya yaitu Raditya Dika.

See also  Cara Praktis Unduh MP3 dari YouTube Tanpa Aplikasi di HP

3. Memlilih nama yang unik

Nama unik akan membuat channel Anda berbeda dengan milik orang lain. Nama yang unik juga akan membuat saluran Anda lebih mudah diingat oleh pengguna YouTube.

4. Menggunakan nama yang mudah diingat

Selain unik, nama channel YouTube juga harus mudah diingat. Dengan nama yang mudah diingat maka penonton akan terus berkunjung ke saluran yang Anda miliki.

5. Memilih nama yang mudah dibaca

Selain menggunakan nama yang unik dan mudah diingat, Anda juga harus memperhatikan ejaan dari nama saluran tersebut. Pilihlah nama saluran yang mudah untuk dieja. Hal ini mempemudah penonton Anda saat mencari channel tersebut.

6. Menggunakan nama usaha

Anda juga bisa memiliki channel YouTube dari nama usaha yang sedang di bangun. Cara ini juga menjadi media promosi. Merek usaha tersebut akan lebih dikenal orang dan channel YouTube Anda juga menjadi ramai pengunjung.

7. Menggunakan tools khusus

Saat ini sudah banyak situs yang bisa membantu Anda mendapatkan nama channel YouTube keren. Anda bisa memanfaatkan tools tersebut untuk mendapatkan inspirasi nama saluran yang populer dan menarik banyak pengguna YouTube.

 

Demikian beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menjadi YouTuber. Mulai dari cara membuat channel YouTube sampai memilih nama yang keren untuk saluran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.